Workshop Penyusunan Penilaian Pembelajaran Berbasis Online Bagi Guru SD di Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang

  • Yeni Widiyawati Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet
  • Indri Nurwahidah Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet
  • Akhmad Nayazik Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet
  • Malikhatun Khasanah Universitas Ivet
  • Vimala Tantri Universitas Ivet

Abstract

Perkembangan IPTEK dan mewabahnya Covid-19 membuat dunia pendidikan melakukan penyesuaian yaitu melalui pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan berbasis online. Guru yang berkualitas dan melek TIK menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan PJJ, khususnya dalam pelaksanaan evaluasi online. Oleh karena itu, tujuan dari program pengabdian ini yaitu untuk mengetahui (1) Bentuk sistem penilaian yang cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran online; (2) Cara menyusun penilaian pembelajaran berbasis online menggunakan software Quizizz dan Kahooot. Metode kegiatan yang digunakan yaitu workshop yang terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan worshop guru-guru SD dapat lebih memahami bentuk sistem penilaian yang cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran online terutama pada masa pandemi covid-19. Selain itu, guru-guru dapat memahami dengan baik cara menyusun penilaian pembelajaran berbasis online menggunakan software Quizizz dan Kahooot sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran.       

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. (2001). Manajemen mutu berbasis sekolah. Departemen Pendidikan Nasional.

Dewi, R. M., Studi, P., Ekonomi, P., Ekonomi, F., Abdul, M., Program, G., & Ekonomi, S. P. (2019). Pelatihan Game Edukasi Android Berbasis HOTS Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran. ABIMANYU: Journal of Community Engagement, 1(1), 59–67.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran penilaian dan evaluasi pendidikan. Nuha Medika.

Marhaeni, A. A. I. ., & Artini, L. P. (2017). Asesmen autentik dan pendidikan bermakna: implementasi kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(1), 499–511. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i1.4889

Pagarra, H., Bundu, P., Irfan, M., Hartoto, H., & Raihan, S. (2020). Peningkatan kompetensi guru dalam mengevaluasi pembelajaran daring menggunakan aplikasi berbasis tes dan penugasan online. Publikasi Pendidikan, 10(3), 260–265. http://103.76.50.195/pubpend/article/view/16069

Yusron, R. M., Wijayanti, R., & Novitasari, A. T. (2020). Pelatihan pembuatan google form bagi guru SD sebagai media evaluasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) masa pandemi. Publikasi Pendidikan, 10(3), 182–188. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15055
Published
2021-08-06
How to Cite
WIDIYAWATI, Yeni et al. Workshop Penyusunan Penilaian Pembelajaran Berbasis Online Bagi Guru SD di Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang. Manggali, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 158-166, aug. 2021. ISSN 2798-4435. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/1747>. Date accessed: 06 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v1i2.1747.
Section
Articles