Pemanfaatan Social Media Analytic pada Instagram dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran
Abstract
Saat ini Instagram tidak hanya menjadi sarana komunikasi dan informasi, tetapi juga untuk sarana pemasaran. Pemasaran yang dilakukan pada Instagram adalah penjualan, periklanan, branding, dan layanan. Untuk mendukung kegiatan pemasaran perlu dilakukan tidak hanya melalui cara konveksional atau lama, tetapi juga harus menggunakan media sosial untuk lebih menjangkau semua konsumen yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan fokus pada penggunaan alat analisis media sosial di Instagram sebagai media dalam meningkatkan efektivitas pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif kualitatif. Social Media Analityc yang diterapkan oleh Instagram dalam membantu pengguna profil bisnis adalah menyediakan fitur insight dimana ada tiga fungsi yaitu aktivitas, audiens, dan konten yang disediakan dalam bentuk dari visualisasi data. Pemanfaatan fitur insight di Instagram memiliki peran penting dalam membantu pengguna bisnis guna meningkatkan efektivitas pemasaran produk dan layanan mereka.