Pemanfaatan Social Media Analytic pada Instagram dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran

  • Pravita Ema Rifani

Abstract

Saat ini Instagram tidak hanya menjadi sarana komunikasi dan informasi, tetapi juga untuk sarana pemasaran. Pemasaran yang dilakukan pada Instagram adalah penjualan, periklanan, branding, dan layanan. Untuk mendukung kegiatan pemasaran perlu dilakukan tidak hanya melalui cara konveksional atau lama, tetapi juga harus menggunakan media sosial untuk lebih menjangkau semua konsumen yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan fokus pada penggunaan alat analisis media sosial di Instagram sebagai media dalam meningkatkan efektivitas pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif kualitatif. Social Media Analityc yang diterapkan oleh Instagram dalam membantu pengguna profil bisnis adalah menyediakan fitur insight dimana ada tiga fungsi yaitu aktivitas, audiens, dan konten yang disediakan dalam bentuk dari visualisasi data. Pemanfaatan fitur insight di Instagram memiliki peran penting dalam membantu pengguna bisnis guna meningkatkan efektivitas pemasaran produk dan layanan mereka.

Published
2023-12-28
How to Cite
RIFANI, Pravita Ema. Pemanfaatan Social Media Analytic pada Instagram dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran. JULIUS (Journal of Digital Business), [S.l.], v. 1, n. 2, dec. 2023. ISSN 2807-3053. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/julius/article/view/3540>. Date accessed: 05 july 2025.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.