Rancang Bangun Sistem Absensi Cepat untuk Guru Bimbingan Konseling (SACGBK) Berbasis Android
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi SACGBK berbasis Android guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas absensi serta menguji kelayakannya di SMK Ma’arif NU 01 Bantarkawung. Penelitian menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan waterfall yang meliputi komunikasi, perencanaan, pemodelan, konstruksi, dan deployment. Pengujian sistem dilakukan berdasarkan standar ISO 9126, khususnya pada aspek kegunaan dan fungsionalitas, dengan 20 responden, termasuk satu guru dan satu ahli perangkat lunak.Aplikasi yang dihasilkan, yaitu Sistem Absensi Cepat untuk Guru Bimbingan Konseling (SACGBK), bertujuan untuk memudahkan absensi dan pelaporan kehadiran guru BK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini berfungsi dengan baik dan mendapat penilaian sangat baik dari segi kegunaan, dengan persentase fungsionalitas 100% dan kegunaan 96%. Kesimpulannya, aplikasi ini membantu proses absensi guru BK dan memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut
References
Hikmah Abdillah, H., & Najiyah, I. (2023). Perancangan Sistem Informasi Absensi Berbasis Android Menggunakan Geolocator. Jurnal Teknik Indonesia, 2(1), 29–39. https://doi.org/10.58860/jti.v2i1.9
Maryanto. (2023). Analisis Penerapan Siklus Akuntasi Pada Usahamikro Kecil dan Menengah Kabupaten Kerinci (Studi Kasus UMKM Dodol Kentang Di Lubuk Nagodang)Tahun 2022. Jurnla Cahaya Mandalika, 4(3), 812–821.
Novita, R., & Hardi, F. R. (2019). Sistem Informasi Presensi Karyawan. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 5(2), 230. https://doi.org/10.24014/rmsi.v5i2.8241
Pardomuan Siregar, R., & Ridho, F. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Absensi Guru dan Staff di MA Taruna Teknik Aljabbar Berbasis Android dengan Metode Qr Code Menggunakan Kodular. 3(2), 58–65. https://doi.org/10.54259/satesi.v3i2.2119
Shofi, N., Fitri, I., & Iskandar, A. (2021). Perancangan Sistem Manajemen Absensi Online dengan Barcode scanner Menggunakan Power Apps. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 5(4), 2021. https://doi.org/10.35870/jti
Wibowo, S. A., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5100–5111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1600