Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran Informatika di Smk Al-Munir Jepara

  • Fatikha Tuddina Awwaliyah Universitas IVET

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui perbedaan pemahaman siswa dalam mata pelajaran informatika di SMK Al-Munir Jepara sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS).


2) Untuk mengkaji keefektifan penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran informatika di SMK Al-Munir Jepara. 72 halaman. Penelitian ini merupakan penelitian experiment dengan jenis Quasi-experimental. Terdapat dua variabel yakni Creative Problem Solving (CPS) dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Informatika. Sampel penelitian ini yaitu 30 siswa. Instrumen penelitian ini yaitu test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normaliatas sesi pre-test pada kelas experimen yaitu 0,243 pada sesi post test sebesar 0,115 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,150 pada sesi pre-test dan 0,101 pada sesi post-test

References

Afifah, N., Koniyo, M. H., & Latief, M. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika SMK Negeri 1 Suwawa. Inverted: Journal of Information Technology Education, 3((1)), 53-60.
Afrian, R. H. (2019). Sistem Informasi Lowongan Kerja Berbasis Web Pada Perusahaan Di Lampung. Jurnal ONESISMIK, 3((3)), 144–154.
Al-Tabany, T. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontektual. Kencana. Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek,. Rineka Cipta.
Astoeti, T. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran TPS dengan Aplikasi Handphone untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X Akomodasi Perhotelan 2 SMK Negeri 24 Jakarta. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(07), 684–696.
Bahrudin, J. (2020). Penerapan model pembelajaran creatif problem solving untuk meningkatkan hasil belajar teknologi layanan jaringan materi ragam aplikasi komunikasi data. Journal of Education Action Research, 4((4)), 536-545.
Cojorn, K. dkk. (2022). Effects of the creative problem solving (CPS) learning model on matter and properties of matter for seventh grade students. Journal of Education. Khon Kaen University, 35((1).).
Daryanto. (2022). Media Pembelajaran. Gava Media.
Fathurrohman, M. (2018). Mengenal Lebih Dekat Pendekatan dan Model Pembelajaran Membuat Proses Pembelajaran Lebih Menyenangkan dangan Pengelolaan yang Bervariasi. Kalimedia.
Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui creative problem solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107- 118.
Febriyanti, Rini, W., & Muzaroah, S. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Kesediaan Vaksinasi Covid-19 Pada Warga Kelurahan Dukuh Menanggal Kota. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 3(1), 1–7.
Gilang, A., & Zuliana. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1((1)), 14–20.
Hamzah, & Lamatenggo, A., (2021), Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Helen, H., & Kusdiwelirawan, A. (2022). Pengaruh model pembelajaran creative problem
solving (CPS) terhadap hasil belajar fisika dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.
WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 7(1), 51-60.
Huda, M. (2023). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. PUSTAKA PELAJAR. Ismiyanto. (2020). Bahan Belajar mandiri Model-Model Pembelajaran. Kemendiknas.
Lathifah, S. A. (2020). Perancangan dan Pembuatan Back-End Pada Aplikasi Skilmu Berbasis Mooc ( Massive Open Online Course ) Pada Modul Invoice di PT Pinteraktif Media. Jurnal Informatika, 1(1).
Mauida, R., Zakir, S., Aprison, W., & Efriyanti, L. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mas Terpadu Guguak Randah Pada Ekstrakulikuler TIK. Jurnal Informasi, Sains Dan Teknologi, 7((1)), 11-17.
Oktaviani, A. N., & Nugroho, S. E. (2015). Penerapan model creative problem solving pada pembelajaran kalor untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 4(1).
Pratasik, S., & Ahyar, B. M. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Informatika Mts. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2((3)), 359– 373.
Purwanto, A. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal, 2((1)), 1–12.
Ramdani, R. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Creative Problem Solving Pada Siswa Kelas XI SMA Pesantren Putri Yatama Mandiri Kabupaten Gowa. Pedagogy, 3(2), 10–27.
Rusman. (2020). Model-model pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Raja Grafindo Persada.
Rusman, Kurniawan, D. & Riyana, c. (2018). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Ruwaida, H. (2019). Proses Kognitif Dalam Taksonomi Bloom Revisi:Analisis Kemampuan Menciptakan (C6). Al-Madrasah.
Sadiman, A., dkk, (2022). Media Pendidikan, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Pemahaman Konsep Matematik. ,. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2((2)), 40.
Suprijono, A. (2019). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar.
Suyanto, I., Utomo, Y. R., & Jihad, S. I. (2023). SEMESTER LEARNING ACTIVITY PLANS (SLAP) SEMESTER EVEN 2022/2023.
Treffinger, D. J., Isaksen, S. G., & Stead-Dorval, K. B. (2023). Creative problem solving: An introduction. Routledge.
Uno, H. (2023). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.
Warsita, B. (2018). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Published
2024-06-20
How to Cite
AWWALIYAH, Fatikha Tuddina. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran Informatika di Smk Al-Munir Jepara. Journal of Systems, Information Technology, and Electronics Engineering, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 13-18, june 2024. ISSN 2963-4660. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jsite/article/view/4205>. Date accessed: 08 oct. 2025.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.