Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Classpoint pada Matakuliah Manajemen Organisasi PTK

  • Anisa Wahyuningtyas Universitas IVET
  • Handini Arga Damar Rani Universitas IVET
  • Adi Nova Trisetiyanto Universitas IVET

Abstract

Proses pembelajaran yang dituntut oleh kurikulum perguruan tinggi pada abad 21 ialah proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan empat konsep keterampilan atau konsep 4C yang terdiri dari critical thinking, creativity, collaboration, dan communication. Keempat konsep tersebut harus dimiliki oleh semua peserta didik agar siap memenuhi tuntutan dunia kerja pada Era 4.0. Tujuan penelitian ini (1) Mengembangkan secara mendalam bagaimana penggunaan Classpoint sebagai media pembelajaran interaktif dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa pendidikan informatika pada Mata Kuliah Manajemen Organisasi PTK Semester 4. (2) Menilai pengaruh penggunaan Classpoint dalam pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan informatika pada Mata Kuliah Manajemen Organisasi PTK Semester 4. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian R&D adalah cara ilmiah untuk meneliti, merancang, memproduksi dan vermenguji validasi produk yang telah dihasilkan (Sugiyono,2019). Hasil dari Penelitian ini adalah (1) Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam nilai belajar mahasiswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Classpoint. Sebelum menggunakan media ini, nilai pre-test mahasiswa menunjukkan nilai maksimum 65,00, nilai minimum 45,00 dan nilai rata-rata 56,54. Setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Classpoint, hasil post-test mahasiswa meningkat dengan nilai maksimum 95,00, nilai minimum 80,00, dan nilai rata-rata 88,46. Perbandingan hasil nilai pre-test dan post-test ini mengindikasikan bahwa mahasiswa lebih tertarik dan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Classpoint. (2) Berdasarkan hasil wawancara, fitur Classpoint yang paling diminati mahasiswa adalah Multiple Choice, Short Answer, Fill in the Blanks, Video Upload, dan Image Upload. Fitur-fitur ini mempermudah evaluasi pemahaman, meningkatkan keterlibatan aktif, dan mendukung berbagai gaya belajar. Secara keseluruhan, penggunaan Classpoint sebagai media pembelajaran interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Organisasi PTK Semester 4.

References

Ardiningsih, D. (2019). Pengembangan game kuis interaktif sebagai instrumen evaluasi formatif pada mata kuliah teori musik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 92–103. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.17725
Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Centauri, B. (2019). Efektivitas Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Kuis Interaktif Di SDN-7 Bukit Tunggal. Jurnal: Seminar Nasional Pendidikan Mipa Dan Teknologi (SNPMT II), 1(1), 124– 133.
Daryanto. (2016). Media pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hernawati, K., & Safitri, D. (2021). Penerapan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi pada perkuliahan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 115–124. https://doi.org/10.21009/jtp.v23i2.24567
Junaedi, D. (2019). Desain Pembelajaran Model ADDIE. 1–14.
Mayer, R. E. (2021). Multimedia learning (3rd ed.). Cambridge: Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781108894333
Mulyatiningsih, E. (2019). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta. Negeri, S. M. K., & Boyolali, K. (2023). speed.web.id. 15(2), 11–20.
Nurfadilah, H., & Setiawan, A. (2022). Penggunaan ClassPoint dalam meningkatkan interaktivitas pembelajaran daring. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 45–54. https://doi.org/10.1234/jitp.v9i1.321
Rusman. (2017). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer. Bandung: Alfabeta. Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses.
Siregar, E., & Nara, H. (2020). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Sudjana, N., & Rivai, A. (2017). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D).
Bandung: Alfabeta.
Wijaya, T. T., & Zhou, Y. (2020). Implementasi aplikasi ClassPoint untuk pembelajaran interaktif.
Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 12(3), 221–230.
Published
2024-06-20
How to Cite
WAHYUNINGTYAS, Anisa; RANI, Handini Arga Damar; TRISETIYANTO, Adi Nova. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Classpoint pada Matakuliah Manajemen Organisasi PTK. Journal of Systems, Information Technology, and Electronics Engineering, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 7-12, june 2024. ISSN 2963-4660. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jsite/article/view/4204>. Date accessed: 08 oct. 2025.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.