Problematika Dalam Mengimplemetasikan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pelajaran Informatika

  • Putri Selinda Universitas Ivet
  • Herry Sulendro Mangiri Universitas Ivet
  • Adi Nova Trisetiyanto Universitas Ivet

Abstract

Mengetahui problematika yang dihadapi oleh siswa kelas X Jurusan Akuntasi dan Pemasaran dan Guru Informtika saat mengimplementasikan kurikulum Merdeka pada mata Pelajaran informatika di SMK Swadaya Semarang dan mengetahui upaya yang dilakukan oleh siswa kelas X Jurusan Akuntasi dan Pemasaran dan Guru Informtika dalam menyelesaikan problematika tersebut khususnya pada kegiatan pembelajaran Informatika di SMK Swadaya Semarang. Penelitian ini menggunakan analisis data model siklus. Hasil penelitian menyatakan bahwa problematika yang dihadapi oleh siswa kelas X Jurusan Akuntasi dan Pemasaran saat mengimplementasikan kurikulum Merdeka pada mata Pelajaran informatika di SMK Swadaya Semarang adalah kesulitan memahami materi informatika Kurikulum Merdeka karena kompleksitas materi dan keterbatasan fasilitas seperti komputer dan internet, serta metode pembelajaran yang didominasi ceramah. Sementara itu, guru mengambil langkah proaktif dengan memanfaatkan perangkat seluler, mengajukan tambahan sarana, dan mendorong penggunaan laptop pribadi.

References

Alfian. (2021). Pentingnya Kompetensi Teknologi Informasi dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(1), 34–42.

Anjela, M. (2023). Persepsi Guru Terhadap Penerapan Pre-Diagnostic Assessment Pada Mata Pelajaran Informatika Dalam Kurikulum Merdeka (Studi Di SMA Negeri 1 Salatiga). Informatics and Computer Engineering Education.
Astri, N. D., Nataline, S. P., Pasaribu, H., Nur, B., & Lubis, A. (2024). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 27 Medan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 1768–1773.
Bahar, M. S. (2020). Pengaruh Peran Guru Sebagai Motivator Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Smk Informatika Komputer Mahardika Makassar.
Febrian, R., Purwanto, A., & Supardi, K. I. (2020). Kendala Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Informatika di SMA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(1).
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Islam Kajian Teoretis Dan Pemikiran Tokoh.
Hehakaya, E., & Pollatu, D. (2022). Problematika Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 3(2).
Ismayani, A. (2020). Metedologi Penelitian. Syiah Kuala University Press.
Li, M., & Harris, R. (2021). Perbedaan Kecepatan dan Gaya Belajar dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 20(3), 45–58.
Ningsih, S., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Problematika Guru Dalam Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dan Implikasinya Di Sekolah Dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(3), 518–524.
Nursafitri, S., Huda, M. F., & Solina, A. (2021). Problematika dalam Penerapan
Media Pembelajaran yang Berlaku di MI / SD. Prosiding SEMAI, 793–808.
Sari, E. A., & Kurniawan, A. (2021). Kurikulum Merdeka: Perbandingan Materi Informatika Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 3(1), 38–44.
Silviana. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Jurnal Informatika, 4(2), 78–86.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung?: Alphabet.
Wardani, D. K., Taurina, N., & Wibowo, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Informatika. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 2(2), 160–166.
Wijaya, I. G. P. P. (2021). Kurikulum Merdeka: Terobosan dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(1), 89–98.
Wirawan, E. (2018). Kurikulum Merdeka: Suatu Kajian dan Tinjauan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(8), 1016–1021.
Wulandari, R. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Informatika Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar di SMA. Jurnal Teknologi Dan Ilmu Komputer, 8(3), 289–300.
Wuwur, E. S. P. O. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Soko Guru, 3(1), 1–9.
Published
2025-06-19
How to Cite
SELINDA, Putri; MANGIRI, Herry Sulendro; TRISETIYANTO, Adi Nova. Problematika Dalam Mengimplemetasikan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pelajaran Informatika. Journal of System Information Technologi and Electronic Engineering, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 14-20, june 2025. ISSN 2963-4660. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jsite/article/view/3906>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/j-sitee.v3i2.3906.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.