Analisis Kepuasan Mahasiswa pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Berbantuan Microsoft Kaizala
Abstract
Microsoft Kaizala merupakan aplikasi berbasis online yang dapat digunakan dengan perangkat seluler dan web browser untuk berkoordinasi antara manajemer dan staf, atau antar staf dalam suatu perusahaan atau proyek. Aplikasi ini dirancang untuk dunia industri, dunia usaha dan dunia kerja (IDUKA) oleh developer-nya Microsoft Corporation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi Kaizala sebagai sarana pembelajaran daring di masa Pandemi Covid-19. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa dari 3 Program Studi di Universitas Ivet Semarang, sejumlah 131 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah angket yang disebarkan secara daring kepada mahasiswa dengan Google Form. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui keterterimaan penggunaan Kaizala untuk pembelajaran dan dampaknya dalam membiasakan mahasiswa menggunakan aplikasi yang dirancang untuk IDUKA. Berdasarkan analisis, didapatkan hasil bahwa 74,7 % mahasiswa menyukai aplikasi Kaizala, lebih dari 70 % menyatakan puas dengan fitur Kaizala yang dipilih Dosen sebagai sarana pembelajaran daring.
References
[2] Braunsberger, K., & Gates, R. (2009). Developing inventories for satisfaction and Likert scales in a service environment. Journal of Services Marketing, 23(4), 219–225. https://doi.org/10.1108/08876040910965557
[3] Kalbani, B. Al, Sawafi, A. Al, Naidu, V. R., & Gupta, R. R. (2019). ENHANCING STUDENT LEARNING IN MATHEMATICS CLASSES BY MEANS OF ONLINE COLLABORATIVE TOOLS. October, 88–94.
[4] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35952/MPK.A/HK/2020. Mendikbud RI, 1–2. https://www.kemdikbud.go.id