Analisis Centrality Aktor pada Penyebaran Informasi Kuliner di Media Sosial dengan menggunakan Social Network Analysis

  • Yunila Dwi Putri Ariyanti Universitas IVET

Abstract

Media sosial menjadi salah satu media yang sangat berperan dalam meningkatkan promosi suatu usaha. Peran media sosial sangat membantu terutama pada saat masa pandemi covid-19 dan masa normal baru seperti sekarang ini. Melalui salah satu media sosial Twitter jenis usaha dapat dipromosikan melalui para aktor yang berperan dalam jaringan percakapan tersebut. Analisis centrality aktor bertujuan untuk melihat seberapa besar aktor tersebut berpengaruh dalam sebuah jaringan komunikasi yaitu terdiri dari Degree Centrality, Closeness Centrality, Betweenness Centrality, dan Eigenvector Centrality. Metode yang digunakan adalah Sosial Network Analysis (SNA) dengan menggunakan kata kunci kuliner yang didapatkan dengan crawling data melalui Netlytic dan divisualisasikan menggunakan software Gephi. Hasil penelitian menunjukan centrality aktor yang paling besar adalah akun dengan nama yanguning2 dengan nilai In-Degree 57 Out-Degree 5 dan Degree 52. Betweenness Centrality 0,000066 Closeness Centrality dan Eigenvector Centrality 1.00. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa aktor yanguning2 memiliki jaringan komunikasi yang luas dan mempunyai pengaruh yang besar dalam pola komunikasi pada struktur jaringan terkait kata kunci kuliner tersebut.

References

[1] Adiristi, S. P., Hermawan, Y., Luar, P., Universitas, S., & Yogyakarta, N. (2022). Strategi bertahan usaha kuliner di masa pandemi covid-19. 7(1), 1–7.
[2] Altuntas, F., Altuntas, S., & Dereli, T. (2022). Sosial network analysis of tourism data: A case study of quarantine decisions in COVID-19 pandemic. International Journal of Information Management Data Insights, 2(2), 100108. https://doi.org/10.1016/J.JJIMEI.2022.100108
[3] Bratawisnu, M.K., & Alamsyah, A. (2018). Social Network Analysis Untuk Analisa Interaksi User Dimedia Sosial Mengenai Bisnis E-Commerce (Studi Kasus: Lazada, Tokopedia Dan Elevenia). In ALMANA (Vol. 2, Issue 2).
[4] Can, U., & Alatas, B. (2019). A new direction in sosial network analysis: Online sosial network analysis problems and applications. In Physica A: Statistical Mechanics and its Applications (Vol. 535). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/j.physa.2019.122372
[5] Eriyanto. (2021). Analisis Jaringan Media Sosial. 368.
[6] Gómez, D., Figueira, J. R., & Eusébio, A. (2013). Modeling centrality measures in sosial network analysis using bi-criteria network flow optimization problems. European Journal of Operational Research, 226(2), 354–365. https://doi.org/10.1016/J.EJOR.2012.11.027
[7] Hadiana, A. I., & Witanti, W. (n.d.). Analisis Jejaring Sosial Menggunakan Sosial Network Analysis untuk Membantu Sosial CRM bagi UMKM di Cimahi Sosial Network Analysis Using Sosial Network Analysis to Help Sosial CRM for MSMEs in Cimahi.
[8] Luo, C. (2021). Analyzing the impact of sosial networks and sosial behavior on electronic business during COVID-19 pandemic. Information Processing & Management, 58(5), 102667. https://doi.org/10.1016/J.IPM.2021.102667
[9] Naeem, M. (2021). Do sosial media platforms develop consumer panic buying during the fear of Covid-19 pandemic. Journal of Retailing and Consumer Services, 58, 102226. https://doi.org/10.1016/J.JRETCONSER.2020.102226
[10] Nurhazizah, E., Nur Ichsan, R., & Widiyanesti, S. (2022). 24~35 Diterima Februari 11. JURNAL SWABUMI, 10(1), 2022.
[11] Ramadhan, F. (2020). Pemanfaatan Analisis Jaringan Sosial Dalam Penentuan Centrality Dalam Pengembangan Web Berita Online. In Journal of Computer and Information Systems Ampera (Vol. 1, Issue 3). https://journal-computing.org/index.php/journal-cisa/index
[12] Risnawati, N. (2021). Peran Media Sosial Dimasa Pandemi untuk Kemajuan Perekonomian Di Masyarakat. Jurnal Simki Economic, 4(1), 35–46. https://doi.org/10.29407/jse.v4i1.56
[13] Sánchez-Corcuera, R., Bilbao-Jayo, A., Zulaika, U., & Almeida, A. (2021). Analysing centralities for organisational role inference in online sosial networks. Engineering Applications of Artificial Intelligence, 99, 104129. https://doi.org/10.1016/J.ENGAPPAI.2020.104129
[14] Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). ??No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4(1), 1–23.
[15] Sugiarta, A. I., Syamsuar, D., & Negara, E. S. (n.d.). Analisis Sentralitas Aktor pada Struktur Jaringan Politik dengan Menggunakan Metode Sosial Network Analysis (SNA)?: Studi Kasus Group Facebook Lembaga Survei Sosial Media.
[16] Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi penelitian Bisnis & Ekonomi (1st ed.). Bantul, Yogyakarta: PT Pustaka Baru
[17] Syukur, M., Salam, M. N., & Junaidi, M. I. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perekonomian Indonesia: Analisis terhadap Sektor Domestik dan Stabilitas Inflasi. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 2(3), 382–388. https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i3.3082
[18] Tholib, A., & Arifin, A. (2021). Strategi dan Inovasi Rumah Makan di Kabupaten Sampang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Kinerja, 18(4), 533–538. https://journal.feb. unmul.ac.id/index.php/ KINERJA/article/view/ 10048
[19] Tomasoa, L., Iriani, A., & Sembiring, I. (2019). Ekstraksi Knowledge Tentang Penyebaran #Ratnamiliksiapa Pada Jejaring Sosial (Twitter) Menggunakan Sosial Network Analysis (SNA). 6(6), 677–686. https://doi.org/10.25126/jtiik.201961710
[20] Yanti, I. E., Pratiwi, O. N., & Fa’rifah, R. Y. (n.d.). Analisis Respon Masyarakat Terhadap Pandemi Covid-19 Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Sosial Network Analysis Analysis Of Public Response To The Covid-19 Pandemic On Twitter Sosial Media Using Method Sosial Network Analysis.
Published
2022-06-30
How to Cite
ARIYANTI, Yunila Dwi Putri. Analisis Centrality Aktor pada Penyebaran Informasi Kuliner di Media Sosial dengan menggunakan Social Network Analysis. Journal of System Information Technologi and Electronic Engineering, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 23-31, june 2022. ISSN 2963-4660. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jsite/article/view/2306>. Date accessed: 05 july 2025.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.