PENGARUH PENGGUNAAN PULLEY CUSTOM DAN VARIASI ROLLER TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT 110 CC

  • Moh Ibnu Sapto Aji Universitas Ivet
  • Sena Mahendra Universitas Ivet
  • Bayu Ariwibowo Universitas Ivet
  • Riyanto Wibowo Universitas Ivet

Abstract

Penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis pengaruh pulley custom dan variasi roller terhadap Torsi  pada motor Honda Beat 110 cc. 2) Untuk menganalisis pengaruh pulley custom dan variasi roller terhadap daya pada motor Honda Beat 110 cc. 3) Untuk menganalisis pengaruh pulley custom dan variasi roller terhadap SFC (Spesifik Fuel Consumtion) pada motor Honda Beat 110 cc. 4) Untuk menganalisis berapakah ukuran pulley custom dan variasi roller yang paling efektif untuk menambah akselerasi Torsi dan Daya pada motor Honda Beat 110 cc. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian yang digunakan adalah sepeda motor Honda Beat 110 cc.


Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan (1) pulley custom dan variasi roller mempengaruhi pada hasil torsi (Nm) dari mesin. Hasil pengujian torsi bahan bakar pertamax menggunakan pully custom dan variasi roller 10 gram menunjukkan hasil torsi tertinggi 8,48 N.m pada putaran mesin 2000 rpm. Hal ini menunjukkan penggunaan bahan bakar pertamax yang menggunakan pully custom dan variasi roller 10 gram dapat meningkatkan persentase daya 85%. (2) Dari hasil penelitian daya bahan bakar pertamax menggunakan pully custom dan variasi roller 10 gram menunjukkan hasil daya tertinggi 1.09 HP pada putaran mesin 7000 rpm. Hal ini menunjukkan penggunaan bahan bakar pertamax yang menggunakan pully custom dan variasi roller 10 gram dapat meningkatkan persentase daya 74%.. (3) Dari hasil penelitian, konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) menggunakan bahan bakar pertamax 5 ml menggunakan pully custom dan variasi roller menunjukkan hasil terbaik pada pully custom dan variasi roller 12 gram yaitu 3.68 kg/jam pada putaran mesin 8000 rpm. (4) Ukuan Roller yang paling efektif untuk menambah akselerasi, Torsi, Dan Daya hasil penelitian ukuran pully custom dan variasi roller yang paling efektif untuk menambah akselerasi, torsi yaitu pully custom dan variasi roller dengan ukuran 10 gram dengan hasil torsi tertinggi 8,48 N.m pada putaran mesin 2000 rpm. Penggunaan pully custom dan ukuran variasi roller yang paling efektif menambah akselerasi torsi dan daya adalah variasi roller 10 gram.


Kata Kunci: Pengaruh pully custom dan variasi roller Terhadap Torsi, Daya, Konsumsi Bahan Bakar Spesifik.

References

Abdul Ghafur (2017) dengan judul PENGARUH PENGGUNAAN ROLLER CVT RACING DENGAN PEGAS CVT RACING TERHADAP DAYA DAN TORSI HONDA BEAT 110CC MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PERTALITE, PERTAMAX DAN PERTAMAX TURBO.

Aditya Candra (2009) Memilih Roller yang Tepat Untuk Motor Matic. https://catatan.pupungbp.com/uncategorized/memilih-roller-yang-tepat-untuk-motor-matic. Di akses pada 28 Januari 2022.

Adityas, Sudibyo dan Basori. 2012. Pengaruh Berat Roller CVT (Continuosly Variable Transmision) Dan Variasi Putaran Mesin Terhadap Torsi Pada Yamaha Mio Sporty Tahun 2007.Nosel Vol.1 No.1 Hal, 65.

ahmad bagus (2016) ANALISA BEBAN KERJA DAN GAYA DINAMIS ROUND ROLLER DAN SLIDING ROLLER UNTUK SISTEM CVT (CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION) SEPEDA MOTOR MATIC. https://repository.its.ac.id/76364/1/2113105007Undergraduate Thesis.pdf. Di akses pada 12 Januari 2022.

Apriliyan, G.D dan Wulandari, D. 2013. Pengaruh Pemakaian Pegas Sleading Sheave Terhadap Performance Motor Honda Beat 2011. JTM Vol.02 No.01 Hal, 126-131.

Asta AL Ilham (2021) Jurusan Teknik Mesin Otomotif, Politeknik Dharma Patria Kebumendengan judul “PENGARUH BERAT ROLLER CVT DAN PEGAS PULLEY RACING PADA MOTOR YAMAHA MIO J/GT 2014”.

Badan Pusat Statistik. (2020). Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis Tahun 2009-2020.

Bugis, Husin. (2013). Dasar-dasar Motor Bensin Konvensional. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Immanuel Munthe, yang bejudul Pengaruh Berat Rooler Terhadap Daya Mesin Kendaraan Roda Dua 110 CC.

Jama, Jalius, dkk. (2008). Teknik Sepeda Motor Jilid 1 untuk SMK. Jakarta :Departemen Pendidikan Nasional.

Jama, Jalius, dkk. (2008). Teknik Sepeda Moker Jilid 2 untuk SMK. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Keputusan Direktur Jendral Minyak dan Gas Bumi. Nomor: 3674K/24/DJM/2006. Tentang Standar dan Mutu (spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin Yang Dipasarkan Didalam Negeri. OtomotifNet 05/09, Http://m.otosia.com/berita/benarkah-ubah-gapbusi-tingkatkan-performa-mesin-motor.html Di akses pada 12 Januari 2022.

Permana, 2014. Prinsip Kerja Motor. Kediri: Pustaka Pelajar. Konsumsi Bahan Bakar:Http://digilib.its.ac.id/public/ITS-undergraduate-10747 presentation.pdf. Di akses pada 18 Januari 2022.

Pujiyanto, (2014) dengan penelitian tentang pengaruh berat roller 8 gram, 10 gram dan 12 gram terhadap kinerja motor 4 langkah 113 cc bertransmisi matic. http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/8415/BAB%20II%20TA_FATHONI%20RHOIS.pdf?sequence=6&isAllowed=y . di akses pada 27 Juli 2022.
Purnama, Pupung Budi. (2008). Memilih Roller Yang Tepat Untuk Motor Matic. Diperoleh 17 Februari 2022 dari http://pupungbp.erastica.com/scooter/ memilih-roller-yang-tepatuntuk-motor-matic/

Saputro, Teguh (2011) ANALISIS PEMAKAIAN CAMSHAFT STANDARD DAN CHAMSHAFT MODIFIKASI MOTOR EMPAT LANGKAH TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA KENDARAAN RODA DUA. Skripsi S1, Universitas Mercu Buana. https://repository.mercubuana.ac.id/19371/. Di akses pada 18 Januari 2022.
Saputro, Teguh. 2011. Cara Kerja Motor Bakar. Kediri: Pustaka Pelajar.

Sayuda Ari Saputro (2013), dengan judul PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI ROLLER DAN PEGAS CVT RACING TERHADAP PERFORMA MOTOR MATIC 110CC. http://lib.unnes.ac.id/view/ subjects/TJ.html. Di akses pada 18 Januari 2022.

Subagia, Ary Dan Atmika, Ady. 2009. Simulation Characteristics Continous Variable Transmission of Motor Cycle using Torque Control Based Fuzzy Logic. The Journal for Technology and Science, Vol. 20, No. 1 Hal, 24-29.

Sugiyono. (2011:61). Menjelaskan Tentang Variabel Bebas dan Variabel Terikat.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukidjo, 2011. Faktor Penyebab Performa Mesin. In Forum Teknik. 34 (1): 61-66.

Sukidjo, 2011. Performa Mesin Sepeda Motor Empat Langkah Berbahan Bakar Premium, Pertalite dan Pertamax. Forum Teknik, Vol.34 No.1.
Published
2024-05-21
How to Cite
AJI, Moh Ibnu Sapto et al. PENGARUH PENGGUNAAN PULLEY CUSTOM DAN VARIASI ROLLER TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT 110 CC. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 59-67, may 2024. ISSN 2715-9922. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/3211>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/joveat.v6i1.3211.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.