PENGEMBANGAN MODUL PEMELIHARAAN MESIN SEPEDA MOTOR BERBASIS IDUKA PADA MATERI TRANSMISI OTOMATIS KELAS XI TSM DI SMK UMAR FATAH REMBANG
Abstract
Modul merupakan bahan ajar mandiri peserta didik. Saat ini belum ada modul pemeliharaan mesin sepeda motor yang mengintegrasikan IDUKA. Penelitian penyusunan modul dengan tujuan untuk mengetahui desain penyusunan dan kualitas modul pembelajaran fisika materi transmisi otomatis kelas XI TSM SMK berbasis IDUKA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada prosedur pengembangan ADDIE dan dibatasi sampai tahap pengembangan (Development). Langkah penelitian dan pengembangan tersebut yaitu analisis dengan langkah studi pendahuluan, desain produk dan pengembangan produk. Instrumen penelitian berupa skala penilaian menggunakan skala likert dengan lima kategori disusun dalam bentuk cheklist. Hasil penelitian berupa: modul pembelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor materi transmisi otomatis kelas XI SMK yang dibatasi sampai tahap pengembangan dan menerapkan budaya IDUKA (Honda AHASS) yaitu budaya kerja dan proses kerja yang sesuai dengan SOP Honda. Modul ini memperoleh nilai 4,48 pada aspek substansi materi dengan kategori sangat baik dan presentase kelayakan 90%. Pada aspek desain media memperoleh nilai 4,24 dengan kategori sangat baik dan presentase kelayakan 86%. Aspek IDUKA memperoleh nilai 4,65 dengan kategori sangat baik dan presentase kelayakan 93%. Berdasarkan hasil penghitungan keseluruhan aspek menghasilkan rata-rata 4,46 dengan kategori sangat baik dan persentase kelayakan 90% dengan kategori sangat valid, atau dapat digunakan tanpa revisi.
Kata Kunci: Modul Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor, IDUKA
References
Navila, Q. A. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Materi Getaran Dan Gelombang, Bunyi Dan Cahaya Kelas VIII SMP/MTs Berbasis Unity Of Sciences. Skipsi. Semarang: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang.
Leonardo, E., & Andreani, F. (2015). Pengaruh Pemberian Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Kopanitia. Geophysical Research Letters, 8(1), 77–78. https://doi.org/10.1029/GL008i001p00077 (diunduh 7 mei 2022).
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185 (diunduh 15 mei 2022).
Warsita, B. 2018. Teori Belajar Robert M. Gagne Dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik, XII(1), 064–078. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.421(diunduh 7 mei 2022).
Akhiruddin dkk, & Jalal (Ed). 2019. Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi selatan: Cahaya Bintang Cemerlang.
Widiyoko, Eko Putra. 2016. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lembaga Kajian Pengembangan Pendidikan (LKPP) Universitas Hasanuddin. 2015. Bahan Ajar, Buku Ajar, Modul, dan Panduan Praktik Pendidikan. Makasar: Universitas Hasanuddin.
Najuah, Pristi, dan Winna, & Janner (Ed). 2020. Hakikat Modul Pembelajaran. Sumatra utara: Yayasan Kita Menulis.
Pendidikan, D. 2020. Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Tahun 2020-2024. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, 141.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta (10th ed.).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2021. Kemendikbud gunakan rumus 8+i Guna Capai Tujuan SMK Pusat Keunggulan. Diakses pada tanggal 20 Mei 2022 melalui https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/03/kemendikbud-gunakan-rumus-8i-guna-capai-tujuan-smk-pusat-keunggulan
Kemitraan, D. 2020. Pedoman Pelaksanaan Pelatihan Kapabilitas dan Manajerial Berbasis Industri. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://www.vokasi.kemdikbud.go.id/storage/document/July2020/1VwMt3HqqIEjsMX9zrug.pdf