PENGARUH KELENGKAPAN ALAT DAN BAHAN PRAKTIK BENGKEL OTOMOTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM STARTER
Abstract
Hasil belajar adalah penilaian hasil kegiatan belajar siswa yang diberikan oleh guru berupa angka, simbol, dan kalimat yang didapatkan berdasarkan perubahan pada ranah kognitif, psikomotorik, afektif, dan konatif sebagai pengaruh pengalaman belajar yang dialami oleh siswa, baik itu berupa suatu unit, bagian, atau bab materi yang telah diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelengkapan alat dan bahan praktik terhadap hasil belajar siswa.
Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRO SMK N 1 Batealit tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 66 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh variabel kelengkapan alat dan bahan praktik menggunakan angket, sedangkan variabel hasil belajar menggunakan dokumentasi nilai praktik siswa. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji F dan uji t.
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa variabel hasil belajar berada pada kategori sangat baik, variabel kelengkapan alat praktik berada pada kategori baik, dan variabel kelengkapan bahan praktik berada pada kategori sangat baik. Hasil penelitian dengan uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama kelengkapan alat dan bahan praktik berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 82,3%. Hasil penelitian dengan uji t menunjukkan bahwa secara terpisah variabel kelengkapan alat dan bahan praktik berpengaruh terhadap hasil belajar. Besarnya pengaruh secara terpisah variabel kelengkapan alat praktik sebesar 82,4% sedangkan variabel kelengkapan bahan praktik sebesar 74,6%.
Kata kunci: Kelengkapan Alat Praktik, Kelengkapan Bahan Praktik, Hasil Belajar.
References
Huda, Tri Nur. 2016. Hasil Belajar. Yogyakarta: 123dok. https://123dok.com/article/hasil-belajar-kajian-pustaka-kajian-pustaka.y8pp794z (diakses tanggal 20 Maret 2022).
Prasetyo, Rizqi Fatchur., Apriyanto, Nuraedhi., dan Fatra, Fahmy. 2020. Pengaruh Kelengkapan Alat Dan Bahan Praktik Bengkel Otomotif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Transmisi. Semarang: Journal of Vocational Education and Automotive Technology. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1332 (diakses tanggal 20 Maret 2022).
Saputra, Riyan., Apriyanto, Nuraedhi., dan Fatra, Fahmy. 2020. Pengaruh Kelengkapan Peralatan Praktik Dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Hasil Belajar Sistem Transmisi Manual Siswa. Semarang: Journal of Vocational Education and Automotive Technology. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1330 (diakses tanggal 20 Maret 2022).
Sutrisno, Valiant Lukad Perdana., dan Siswanto, Budi Tri. 2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan vokasi https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/8118 (diakses tanggal 20 Maret 2022).
Muzakki, Imam., dan Shabari, Azip. 2019. Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan. Purbalingga: Quantum Book.
Andreyani, Yeyen. 2014. Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Pontianak: Media.Neliti. https://media.neliti.com/media/publications/192336-ID-peningkatan-aktivitas-belajar-peserta-di.pdf (diakses tanggal 27 Maret 2022).
Arifin, Zainal. 2017. Pengaruh Kelengkapan Peralatan Praktik Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Praktik Teknik Furniture Dikelas X Smk Negeri 2 Adiwerna. Semarang: Lib Unnes. http://lib.unnes.ac.id/30748/1/5101410027.pdf (diakses tanggal 27 Maret 2022).
Rahmadi, Yohanda. 2020. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Followers Instagram. Pekanbaru: Jom Fisip Vol. 7. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/viewFile/26778/25886#:~:text=Menurut%20Uma%20Sekaran%20(dalam%20Sugiyono,didefinisikan%20sebagai%20masalah%20yang%20penting (diakses tanggal 27 Maret 2022).
Wayan, Dodik. 2019. Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan. Blitar: Quantum Book
Amin, Ridwan dan Pramono. 2013. Pengaruh Kelengkapan Peralatan Praktik Dan Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Perbaikan Kopling SMK Negeri 1 Adiwernd Kabupaten Tegal. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 21, Upgrade PLS Regersi. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hamalik. Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Standar Sarana dan Prasarana.
Permendiknas 2008. Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Santoso. Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supriyatno, Fajar. 2012. Pengaruh Kelengkapan Peralatan Praktek Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Praktek Dasar Instalasi Listrik Di Kelas X SMK Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Wahyudin, Agus. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis dan Pendidikan. Semarang: Unnes Press.