ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN KOIL RACING DAN BUSI RACING PADA KINERJA MOTOR 4 TAK 125 CC STANDART TERHADAP TORSI, DAYA PERFORMA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SPESIFIK
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah : Untuk menguji Perbandingan antara penggunaankoil, busi standard dan koil ,busi racing terhadap torsi mesin supra x 125 cc. Untuk menguji Perbandingan antara penggunaan koil, busi standard dan koil , busi racing terhadap daya performa mesin supra x 125 cc. Untuk menguji Perbandingan antara penggunaan koil , busi standard dan koil, busi racing terhadap konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) (pertalite) pada mesin supra x 125 cc.
Metode Penelitian ini adalah : 1) Metode eksperimen dengan variabel bebas dan variabel terikat untuk mengetahui perbandingan penggunaan koil racing dan busi racing terhadap; 2)performa mesin sepeda motor 4 tak 125 cc ; 3)konsumsi bahan bakar spesifik (pertalite).Penelitian ini menganalisa perbandingan pada kendaraan 4 tak 125 cc.
Hasil Penelitian ini adalah : 1).Terdapat pengaruh tertinggi pada torsi mesin saat penggunaan koil standart busi racing sebesar 11,78 N.m , penggunaan koil racing busi racing sebesar 10,46 N.m 2). Terdapat pengaruh tertinggi pada daya performa mesin saat penggunaan koil standart busi racing sebesar 1,24 Hp pada Rpm 8000 , 3). Terdapat pengaruh tertinggi pada konsumsi bahan bakar pada mesin saat penggunaan koil standart busi racing sebesar 0,77 Kg/jam , penggunaan koil racing busi racing sebesar 0,70 Kg/jam .
Kata Kunci : Koil racing busi racing, Torsi, Daya performa, Konsumsi bahan bakar
References
Atmanegara, 2017. Penjelasan Busi. Jerman: Pustaka Pelajar.
Budiyono dan Mahfudin, (2018). Penjelasan Fungsi Busi dan KontruksiBusi.Jakarta:PustakaPelajar.Https://www.otospedcar.com/2020/12/busi-iridium-vs-platinum.html.
Bugis, Husin. (2013). Dasar-dasar Motor Bensin Konvensional. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
?
Hermanto, SD. 2015. Analisa Penggunaan koil racing terhadap daya pada sepeda motor Honda Supra X 100 cc. Skripsi. Fakultas Teknik UNP Kediri.
Jama, J dan Wagino. 2008a. Teknik Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,.Direktorat.Jenderal Manajemen.Pendidikan DasardanMenengah.Departemen Pendidikan Nasional.
Jama, J dan Wagino. 2008b. Teknik Sepeda Motor Jilid 2. Jakarta:Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan.Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Keputusan Direktur Jendral Minyak dan Gas Bumi. Nomor: 3674K/24/DJM/ 2006. Tentang Standar dan Mutu (spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis BensinYang Dipasarkan Didalam Negeri.
Oetomo, JAS dkk. 2014. Analisis Penggunaan Koil Racing Terhadap Daya Pada Sepeda Motor. Jurnal Teknik Mesin, Tahun 22, No. 1, April 2014, hal 46-56.
Rachmadi, Martias & Fernandez, (2014). Ukuran Celah Busi Surya Teknikal: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 3(1).
Raharjo, WD dan Karnowo. 2008. Mesin Konversi Energi. Semarang: UNNES PRESS
Sarwono, E dkk. 2013. Study Experimental Pengaruh Spark Plug Clearance Terhadap Daya Dan Efisiensi Pada Motor Matic. Jurnal Proton Vol. 5 No 1/Hal 18-22.
Siswanto, I dan Yosep E. 2015. Peningkatan Performa Sepeda Motor Dengan Variasi CDI Programmable. Jurnal Science Tech LP2M UST Yogyakarta Vol. 1 No.1 Agustus 2015, 1-12.
Subroto.2009. Pengaruh Penggunaan Koil Racing Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin. Jurnal MEDIA MESIN, Vol. 10, No. I, Januari 2009, 8-14.
Penelitian Rahmat (2014) “ Pengaruh Penggunaan Busi Terhadap Konsumsi Bahan Bakar pada sepeda motor honda beat tahun 2012”
Penelitian dari Setyono dan Kawano (2014)”Pengaruh Penggunaan Variasi Elektroda Busi terhadap Performa Motor Bensin 4 langkah