PENGARUH VARIASI INJECTOR DENGAN BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI GAS BUANG YAMAHA SOUL GT 2014
Abstract
Peningkatan performa mesin adalah salah satu hal yang menjadi bahan riset untuk hasil yang lebih sempurna. Salah satu hal yang mempengaruhi performa mesin adalah sistem injeksi, dan penggunaan bahan bakar. Penelitian ini mengaplikasikan variasi jenis lubang injector, Kemudian dibandingkan dan dihitung kecepatan, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang.
Penelitian ini bertujuan 1) Menganalisis pengaruh penggunaan variasi injector dan bahan bakar terhadap performa mesin Yamaha Soul GT 2014 yang meliputi Torsi, Daya dan SFC. 2) Menganalisis pengaruh penggunaan variasi injector dan bahan bakar terhadap emisi gas buang Yamaha Soul GT 2014.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Performance Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Otomotif Universitas IVET.
Hasil penelitian: (1) daya dan torsi dipengaruhi jumlah hole injector dan jenis bahan bakar, dalam penelitian ini yang diunggulkan dalam torsi dan daya kendaraan adalah injector 8 hole, untuk bahan bakar pertalite yang paling tinggi peforma dan injector 8 hole yang memiliki torsi dan daya tertinggi; (2) Konsumsi bahan bakar yang paling banyak penggunaan yaitu menggunakan injector 8 hole hal ini dikarenakan injector 8 hole memiliki daya dan torsi besar; (3) emisi gas buang sepeda motor paling bagus dalam penggunaannya adalah injector 6 hole. Hal ini dikarenakan injector 6 hole hal ini terjadi karena peningkatan SFC akan semakin besar karena adanya penurunan daya pada putaran tinggi.
Kata Kunci: Pengaruh hole injector, Performa Sepeda Motor, SFC Motor Matic
References
Azhar Permana Alam. 2019. Pengaruh Variasi Injector Hole Terhadap Torsi, Daya, Dan Emisi Gas Buang Yamaha Aerox 155 VVA. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Arifin, Z. dan Sukoco. 2009. Pengendalian Polusi Kendaraan. Bandung. Alfabeta.
Bakeri, M., A. Syarief, A. K. Samlawi. 2012. Analisa Gas Buang Mesin Berteknologi EFI Dengan Bahan Bakar Premium. Jurnal Teknik.13: 1
Dian Virmandi. R, I Wayan Susila. 2018. Pengaruh Penggunaan Jenis Bahan Bakar Terhadap Kinerja Mesin Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Honda All New Cbr 150 Cc Tahun 2016. JPTM. Volume 7, Nomer 1.
Hartono, Tri. 2011. “Penelitian Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Premium, Pertamax Dan Pertamax Plus Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar Bensin, MAKALAH SEMINAR TUGAS AKHIR, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.”
Heywood, J. B. 1988. Internal Combustion Engine Fundamentals. United States of America: McGraw-Hill
Hidayat, W. 2012. Motor Bensin Modern. Jakarta: PT Rineka Cipta.
I Wayan Budi Ariawan, I.G.B Wijaya Kusuma dan I.W Bandem Adnyana 2016, Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Pertalite Terhadap Unjuk Kerja Daya, Torsi Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Bertransmisi Otomatis, Jurnal METTEK, Volume 2, No 1, pp 51 – 58,
Jayanti, N. E., M. Hakam dan I. Santiasih 2014. Emisi Gas Carbon Monooksida (Co) dan Hidrocarbon (Hc) Pada Rekayasa Jumlah Blade Turbo Ventilator Sepeda Motor Supra X 125 Tahun 2006. Surabaya. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
Jama, J. dan Wagino. 2008. Teknik Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Kristanto, P. 2015.Motor Bakar Torak. Yogyakarta: ANDI.
Kementerian Negara Lingkungan Hidup. 2006. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 05 Tahun 2006 Tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama. Jakarta: Kementerian Negara Lingkungan Hidup.
Muhammad Vendy Hermawan1, Angga Eka Winarta2. 2020, Studi Eksperimen Pengaruh Jumlah Lubang Nosel Injektor Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor. jurnal JEKNIKA ATW. Edisi 23. Sekolah Tinggi Teknik Warga Surakarta.