EFEKTIFITAS MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN GOOGLE CLASROOM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI MASA PENDEMI COVID-19 (PENELITIAN PADA SISWA KELAS XII TMPO 1 SMK NEGERI 2 KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2020/2021 MATERI PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN
Abstract
Salah satu dampak pandemic covid-19 yang nyata dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran dilakukan secara daring. Oleh karena itu perlu adanya penelitian mengenai media yang tepat dalam pembelajaran daring saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media audio visual dan google classroom pada siswa dalam memahami materi Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XII TMPO 1 SMKN 2 Tasikmalaya. Tahapan penelitian didasarkan pada siklus yang dikembangkan oleh Kemmis, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian terdiri dari tes, lembar observasi dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis dapat disimpulkan bahwa persentase pemahaman siswa meningkat yaitu dengan persentase 30% pada pra siklus, siklus 1 64%, siklus 2 mencapai 92%. Kemudian respon siswa juga mengalami peningkatan tiap siklusnya. Diskusi siswa berkriteria baik pada siklus 2.
Kata kunci: media audio visual, Google classroom, pemahaman siswa
References
Arikunto, S. (20028). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Burhan Elfanany, Penelitian Tindakan Kelas, (Yogyakarta: Araska, 2013), hal. 10
Latief, M.A. (2010). Tanya Jawab Metode Penelitian Pembelajaran Bahasa. Malang: UM press
Mas'udi, W. & Winanti, P. S., (2020). Tata Kelola Penanganan Covid 19 di Indonesia. In: s.l.:Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gajah Mada
Munadi, Y. (2013). Media pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Referensi GP Press Group.
Nugroho, D. S. (2013). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sistem Pendingin Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Mondokan Sragen TP 2011/2012. Jurnal Nosel, 1(3).
Sadiman, A. dkk. (2012). Media Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada
Salman, M. et al., (2020). Knowledge, attitude and preventive practice related to COVID-19: a croos-sectional study in two Pakistan University Population. Nature Public Health Emergency Collection
Smaldino,et.al. (2011). Instructional Technology and Media for Learning. Colombus: Upper Saddle River
Sumiati, (2008). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Taufikurachman, I. E., Kusumah, I. H., & Permana, T. (2018). Penggunaan Media Video Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Di Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1), 57–63.
Widiyani, R. (2020). Latar Belakang Virus Corona, Perkembangan hingga Isu Terkini. Retrieved from detik News: https://news.detik.com/berita/d4943950/ latar-belakangviruscoronaperkembangan-hingga-isuterkini Nuha Medika