PENGARUH TEACHING FACTORY DAN PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA KELAS XII TBSM SMK BINA UTAMA KENDAL
Abstract
Latar belakang masalah penawaran tenaga kerja yang belum terserap dalam dunia indsutri menjadi masalah baru yang mengakibatkan pengangguran semakin meningkat di segala level pendidikan.Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan Teaching Factory 2) Untuk mendeskripsikan mata pelajaran Produk kreatif kewirausahaan 3) Untuk mendeskripsikan Minat Berwirausaha siswa kelas XII Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Bina Utama Kendal. 4) Untuk mengkaji pengaruh Teaching Factory terhadap Minat Berwirausaha 5) Untuk mengkaji pengaruh mata pelajaran Produk kreatif kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha 6) Untuk mengkaji pengaruh antara Teaching Factory dan pelajaran Produk kreatif kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha.Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian asosiatif yang bersifat ex post facto. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Populasi sebanyak 126 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional random sampling dengan rumus Solvin dengan jumlah sample sebanyak 105 siswa. Pengujian yang digunakan adalah uji Validitas dan uji Reliabilitas. Uji persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas dan uji heterokedasitas. Sedangkan uji hipotesis data dengan menggunakan uji regresi sederhana, regresi ganda, uji T, uji F, uji R square (determinan) dengan menggunakan bantuan program pengolahan spss versi 24.0Hasil analisis menunjukan Teaching Factory kategori baik, Produk Kreatif Kewirausahaan cukup atau kompeten, Minat Berwirausaha baik. Hasil uji t Teaching Factory nilai sig. Sebesar 0,000 di bawah 0,05 sehingga H1 diterima. Produk Kreatif Kewirausahaan mempunyai nilai sig. Sebesar 0,000 lebih rendah dari 0,05 sehingga H2 diterima. Ada pengaruh positif Teaching Factory dan Produk Kreatif Kewirausahaan terhadap Minat Berwiausaha Kelas XII TBSM SMK Bina Utama Kendal. Uji f nilai sig. Sebesar 0,000 lebih rendah dari 0,05 sehingga H3 diterima. Berdasarkan hasil hitungan determinan diperoleh nilai r square sebesar 98,8%. sedangkan sisanya yaitu 1,2% dipengaruhi variabel lain
Kata Kunci : Teaching Faktory, Produk Kreatif Kewirausahaan, Minat Berwirausaha
References
Direktorat Pembinaan SMK (2017) Tata Kelola Pelaksanaan Teaching Factory. Jakarta.
Eman Suherman. (2010). Desain Teaching Factory. Bandung: Alfabeta.
Hendro. (2011). Dasar – Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.
Rohman Maulana. 2018. Pengaruh Teaching Factory dan Praktek Kerja Industri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII TBSM SMK Sultan Agung Cirebon Tahun Ajaran 2018/2019. Sekripsi. Semarang : Universitas Ivet.
Suharsini Arikunto. (2012). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryana. (2001). Kewirausahaan. Jakarta : salemba Empat