PENGARUH TEACHING FACTORY DAN PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA KELAS XII TBSM SMK BINA UTAMA KENDAL

  • Sholahuddin Ahmad Yahya Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Aunu Rofiq Djaelani Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Nuraedhi Apriyanto Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Latar belakang masalah penawaran tenaga kerja yang belum terserap dalam dunia indsutri menjadi masalah baru yang mengakibatkan pengangguran semakin meningkat di segala level pendidikan.Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan Teaching Factory 2) Untuk mendeskripsikan mata pelajaran Produk kreatif kewirausahaan 3) Untuk mendeskripsikan Minat Berwirausaha siswa kelas XII Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Bina Utama Kendal. 4) Untuk mengkaji pengaruh Teaching Factory terhadap Minat Berwirausaha 5) Untuk mengkaji pengaruh mata pelajaran Produk kreatif kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha 6) Untuk mengkaji pengaruh antara Teaching Factory dan pelajaran Produk kreatif kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha.Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian asosiatif yang  bersifat ex post facto. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Populasi sebanyak 126 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional random sampling dengan rumus Solvin dengan jumlah sample sebanyak 105 siswa. Pengujian yang digunakan adalah uji Validitas dan uji Reliabilitas. Uji persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas dan uji heterokedasitas. Sedangkan uji hipotesis data dengan menggunakan uji regresi sederhana, regresi ganda, uji T, uji F, uji R square (determinan) dengan menggunakan bantuan program pengolahan spss versi 24.0Hasil analisis menunjukan Teaching Factory kategori baik, Produk Kreatif Kewirausahaan cukup atau kompeten, Minat Berwirausaha baik. Hasil uji t Teaching Factory nilai sig. Sebesar 0,000 di bawah 0,05 sehingga H1 diterima. Produk Kreatif Kewirausahaan mempunyai nilai sig. Sebesar 0,000 lebih rendah dari 0,05 sehingga H2 diterima. Ada pengaruh positif Teaching Factory dan Produk Kreatif Kewirausahaan terhadap Minat Berwiausaha Kelas XII TBSM SMK Bina Utama Kendal. Uji f nilai sig. Sebesar 0,000 lebih rendah dari 0,05 sehingga H3 diterima. Berdasarkan hasil hitungan determinan diperoleh nilai r square sebesar 98,8%. sedangkan sisanya yaitu 1,2% dipengaruhi variabel lain


 


Kata Kunci : Teaching Faktory, Produk Kreatif Kewirausahaan, Minat Berwirausaha

References

Arikunto, Suharsini 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Direktorat Pembinaan SMK (2017) Tata Kelola Pelaksanaan Teaching Factory. Jakarta.

Eman Suherman. (2010). Desain Teaching Factory. Bandung: Alfabeta.

Hendro. (2011). Dasar – Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.

Rohman Maulana. 2018. Pengaruh Teaching Factory dan Praktek Kerja Industri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII TBSM SMK Sultan Agung Cirebon Tahun Ajaran 2018/2019. Sekripsi. Semarang : Universitas Ivet.

Suharsini Arikunto. (2012). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryana. (2001). Kewirausahaan. Jakarta : salemba Empat
Published
2021-04-28
How to Cite
YAHYA, Sholahuddin Ahmad; DJAELANI, Aunu Rofiq; APRIYANTO, Nuraedhi. PENGARUH TEACHING FACTORY DAN PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA KELAS XII TBSM SMK BINA UTAMA KENDAL. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 119 - 128, apr. 2021. ISSN 2715-9922. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1661>. Date accessed: 05 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.