PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISTEM PENGAPIAN MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING

  • Musafirin Musafirin Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Aunu Rofiq Djaelani Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Nuraedhi Apriyanto Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa kelas XI TKR SMK Al Hikmah 1 Sirampog Brebes (2) peningkatkan keaktifan belajar siswa  kelas XI TKR SMK Al Hikmah 1 Sirampog Brebes (3) penerapan metpde Problem Based Learning dengan media dengan Stand kelistrikan body elektrikal oleh guru.             


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berkolaborasi dengan guru kelas XI TKR SMK Al Hikmah 1 Sirampog Brebes . Objek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI TKR SMK Al Hikmah 1 Sirampog Brebes Brebes yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes evaluasi dan observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Analisis dalam penelian ini menggunakan deskriptif kuantitatif untuk memaparkan hasil nilai yang di peroleh siswa dan kualitatif untuk memaparkan lembar observasi.


Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kompetensi perawatan sistem Starter menggunakan model problem based learning meningkat dengan sudah mencapai KKM dikelas XI TKR sebanyak 14 siswa dengan prosentase 33% Sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 16 siswa dengan prosentase 53,33%. Nilai rata-rata kelas pra siklus sebesar 75,40.


Untuk Mengkaji peningkatan kompetensi perawatan sistem pengapian kelas XI TKR di SMK Al Hikmah 1 Sirampog dengan metode probem based learning dengan Stand kelistrikan body elektrikal kendaraan ringan.


Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), data diperoleh dari hasil observasi dan nilai tes formatif pada siklus I dan siklus II. Teknik analisis datanya dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.


Hasil belajar siswa mengalami peningkatan 24% Pada siklus I meningkat menjadi 57% dengan nilai rata-rata 79,37. Pada siklus II dapat mencapai 92% dengan nilai rata-ratanya 82,53.


 


Kata kunci : problem based learning, sistem pengapian, stand kelistrikan body electrical

References

M. Hosnan, 2014, Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21, Ghalia Indonesia, Bogor.

Suharsimi, Arikunto (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Syaeful Bahri, Djamarah dan Aswan Zain (2006 ) . Strategi Belajar Mengajar ,Rineka Cipta, Jakarta

Zainal Aqib, 2006. PenelitianTindakanKelas. Yrama Widya. Bandung
Published
2021-04-28
How to Cite
MUSAFIRIN, Musafirin; DJAELANI, Aunu Rofiq; APRIYANTO, Nuraedhi. PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISTEM PENGAPIAN MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 115 - 118, apr. 2021. ISSN 2715-9922. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1660>. Date accessed: 05 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.