PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISTEM PENGAPIAN MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa kelas XI TKR SMK Al Hikmah 1 Sirampog Brebes (2) peningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI TKR SMK Al Hikmah 1 Sirampog Brebes (3) penerapan metpde Problem Based Learning dengan media dengan Stand kelistrikan body elektrikal oleh guru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berkolaborasi dengan guru kelas XI TKR SMK Al Hikmah 1 Sirampog Brebes . Objek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI TKR SMK Al Hikmah 1 Sirampog Brebes Brebes yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes evaluasi dan observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Analisis dalam penelian ini menggunakan deskriptif kuantitatif untuk memaparkan hasil nilai yang di peroleh siswa dan kualitatif untuk memaparkan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kompetensi perawatan sistem Starter menggunakan model problem based learning meningkat dengan sudah mencapai KKM dikelas XI TKR sebanyak 14 siswa dengan prosentase 33% Sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 16 siswa dengan prosentase 53,33%. Nilai rata-rata kelas pra siklus sebesar 75,40.
Untuk Mengkaji peningkatan kompetensi perawatan sistem pengapian kelas XI TKR di SMK Al Hikmah 1 Sirampog dengan metode probem based learning dengan Stand kelistrikan body elektrikal kendaraan ringan.
Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), data diperoleh dari hasil observasi dan nilai tes formatif pada siklus I dan siklus II. Teknik analisis datanya dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil belajar siswa mengalami peningkatan 24% Pada siklus I meningkat menjadi 57% dengan nilai rata-rata 79,37. Pada siklus II dapat mencapai 92% dengan nilai rata-ratanya 82,53.
Kata kunci : problem based learning, sistem pengapian, stand kelistrikan body electrical
References
Suharsimi, Arikunto (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.
Syaeful Bahri, Djamarah dan Aswan Zain (2006 ) . Strategi Belajar Mengajar ,Rineka Cipta, Jakarta
Zainal Aqib, 2006. PenelitianTindakanKelas. Yrama Widya. Bandung