MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI SISTEM PEMINDAH TENAGA SEPEDA MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING BERBASIS ANIMASI DAN ALAT PERAGA ENGINE STAN PADA SISWA
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), pada prosesnya menerapkan model pembelajaran Generative Learning. Penelitian tindakan kelas ini ada 4 tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI. pencapaian persentase nilai KKM kelas pra siklus 9,68% atau 3 siswa yang tuntas dari 31 siswa yang mengikuti pre-test sementara 64,51% atau sebanyak 20 siswa yang tuntas dari total siswa yang mengikuti post-test sebanyak 31 siswa pada siklus I, dan 77,41% atau sebanyak 24 siswa yang tuntas dari total yang mengikuti post-test sebanyak 31 siswa pada siklus II. Sehingga dapat dikatakan terjadi peningkatan sebesar 12,09% siswa yang mendapatkan nilai KKM dari siklus I ke siklus II. Sedangkan untuk nilai rata-rata kelas diperoleh nilai sebesar 68,36 pada pra siklus, 76,77 pada siklus I, sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus II menjadi 81.64 atau meningkat sebesar 4,87.
Kata kunci : model pembelajaran Generative Learning, Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor, pemahaman dan hasil belajar.
References
Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. (2007). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.