PENGARUH PENGGUNAAN CAMSHAFT RACING DAN KNALPOT RACING TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR MATIC 125 CC TAHUN 2013

  • Achmad Annas Nor Rochim Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Joko Suwignyo Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Fahmy Fatra Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Tujuan Penelitian (a) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan camshaft (noken AS) modifikasi dan knalpot racing terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor Vario125 CC tahun 2013. (b).Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan camshaft standar dengan camshaft modifikasi. (c). Untuk mendeskripsikan pengaruh Penggunaan knalpot standar dengan knalpot racing. Salah satu cara untuk mendapatkan hasil  yang maksimal dalam modifikasi chamshaft racing dan knalpot racing terhadap komsumsi bahan bakar pada montor Vario 125 cc. dalam pengujian ini untuk mengetahui Daya, Torsi dan komsumsi bahan bakar pada sepeda montor vario 125 cc menggunakan alat dyontest, Gelas ukur, Stopwatch, dan Tachometer RPM. Pengujian dilalukan secara bergantian untuk chamshaft standar, knlpot standar, chamshaft racing, knalpot racing ,chamshaft standar, knlalpot racing, chamshaft racing, knalpot standar.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan camshaft standart dan knalpot standar menghasil kan daya, torsi dan komsumsi bahan bakar lebih baik, serta lebih irit.pada chamshaft racing dan knalpot racing daya, torsi dan komsumsi bahan bakar lebih maksimal.pada chamshaft racing menghasilkan torsi pada RPM 2000 : 0,409N.m, Dayapada RPM 2000: 0,158 kw dankomsumsibahanbakarpada RPM 2000 menghasilkan :156 detik.Sedangakan chamshfat standard an knalpot standar menghasilkan Torsi pada RPM 2000: O,449N.m, Dayapada RPM 2000;0,171 Kw dankomsumsi bahan bakar pada RPM 2000 menghasilkan: 185 detik.


Kata Kunci : Chamshfat Racing, Knalpot Racing, Daya, Torsi.

References

Algifari. 2000. Analisis Regresi Teori, Kasus, dan Regresi. Yogyakarta : BPFE.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Boentarto. 1993. Cara Pemeriksaan, Penyetelan Dan Perawatan Sepeda Motor. Andi Ofset. Yogyakarta.

Erwe.2008. Ukur Lift Klep Tanpa Dial Gauge. Diperoleh 28 Januari 2017, dari http://www.forum.otomotifnet.com/otoforum/showthread.php?1268HOW-TO-Ukur-Lift-Klep-tanpa-Dialgauge&p=17295&viewfull=1#post1 7295.

Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hammill, Des. 1998. How To Choose Camshafts & Time Them For Maximum Power. United Kingdom: Veloce Publishing PLC.

Heywood, J.B. 1998. Internal Combustion Engine. McGraw Hill International. Singapore.
Published
2021-04-28
How to Cite
ROCHIM, Achmad Annas Nor; SUWIGNYO, Joko; FATRA, Fahmy. PENGARUH PENGGUNAAN CAMSHAFT RACING DAN KNALPOT RACING TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR MATIC 125 CC TAHUN 2013. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 94 - 101, apr. 2021. ISSN 2715-9922. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1657>. Date accessed: 05 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.