MENINGKATKAN KOMPETENSI SISTEM TRANSMISI KENDARAAN RINGAN DENGAN MODEL PROBLEM BASSED LEARNING (PBL)
Abstract
Berdasarkan observasi di SMK PGRI KUWU, masih banyak guru menggunakan metode pembelajaran yang kurang efektif seperti metode ceramah. Selama pembelajaran, siswa menjadi pasif. Siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran karena jarang diadakan kerjasama dalam kelompok untuk menemukan dan memahami materi yang diajarkan. Hal ini dapat menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam bekerjasama dan meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meningkatkan kompetensi sistem transmisi kendaraan ringan dengan model Problem Bassed learning berbasis video pembelajaran pada kelas XI TKR 1 Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK PGRI KUWU Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kesimpulannya, dengan menggunakan metode pembelajaran model Problem Bassed Learning, prosentase dan kompetensi siswa dalam mata pelajaran sistem transmisi kendaraan ringan mengalami peningkatan. Selain itu, dengan adanya penggunaaan metode Problem Bassed Learning dapat membantu siswa menjadi lebih efektif dalam belajar sehingga siswa mampu mencapai kompetensi yang diharapkan.
Kata kunci: meningkatkan kompetensi, Problem Bassed Learning, video pembelajaran.
References
Purwoko, Fandi Adi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Peserta Didik Kelas V MI Muhammadiyah Tumpuk Tugu Trenggalek. Tulungagung : Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Yulianto, Setiyo. 2015. Penerapan metode pembelajaran Problem Bassed Learning untuk meningkatkan prestasi belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Aqib, Zainal. 2006:21. Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya Bandung.
Kemmis, S & Taggart, R Mc. 1988. The Action Research Planner. Victoria.
Mahmud, 2011:221. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia.
Syamsudin & Damaianti, S. Vismaia. 2009:7. Metode Penelitian Pendidikan. Semarang : Universitas Negeri Semarang Press.
Subyantoro. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Unnes Press.
SMK PGRI KUWU. 2019. Indikator Keberhasilan Siswa / KKB. Kuwu : SMK PGRI KUWU.
Supinah & Sutanti, Titik. 2010:17. Pembelajaran Berbasis Masalah Matematika Di SD. Yogyakarta : P4TK Yogyakarta.
Eggen et al. 2012:307. Strategi Dan Model Pembelajaran; Mengajarkan Konten Dan Keterampilan Berfikir. Jakarta : PT. Indeks.