PENINGKATKAN KOMPETENSI DASAR EVALUASI KERJA SISTEM PENERANGAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA PANEL PERAGA MULTIFUNGSI
Abstract
Moh Maskuri, NPM C321611082 2020. Peningkatan Kompetensi Dasar Evaluasi Kerja Sistem Penerangan Melalui Model Problem Based Learning Dengan Media Panel Peraga Multifungsi Pada Siswa Kelas XI TBSM 2 SMK Bani Muslim Pati Skripsi. Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Tehnologi Universitas Ivet Semarang.
Latar belakang masalah : Banyak faktor yang berpengaruh terhadap kompetensi siswa, antara lain teknik dan strategi belajar mengajar, implementasi kurikulum serta evaluasinya. Berdasarkan pengalaman mengajar dari salah satu guru SMK Bani Muslim Pati selama ini khususnya pada setiap mata diklat produktif untuk materi Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor pada KD evaluasi kerja sistem penerangan pada siswa kelas XI TBSM 2 jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor selalu diperoleh hasil yang mengecewakan, nilai siswa rata-rata kurang dari 80. Di Kelas XI TBSM 2 SMK Bani Muslim terdapat 33 siswa, dalam mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor 66,7% siswa yang kompeten dan sisanya 33,3% belum kompeten. Kurang kompetennya siswa dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan masih menggunakan ceramah dan diskusi (metode biasa). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk meningkatan kompetensi sistem penerangan pada siswa kelas XI TBSM 2 SMK Bani Muslim Pati melalui metode Problem Based Learning (PBL) dengan media panel peraga multifungsi . 2. Untuk meningkatan keaktifan siswa di kelas XI TBSM 2 SMK Bani Muslim Pati melalui metode Problem Based Learning (PBL) dengan media panel peraga multifungsi. 3. Untuk meningkatkan melalui metode Problem Based Learning (PBL) dengan media panel peraga multifungsi.
Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Dimana masing-masing siklus dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, observasi, tindakan, dan refleksi. Sedangkan subjek penelitian adalah siswa kelas XI Tbsm 2 SMK Bani Muslim Pati Tahun Pelajaran 2019-2020 sebanyak 33 siswa.
Kesimpulan : 1) Penerapan metode pembelajaran Problem based learning sangat efektif meningkatkan kompetensi evaluasi kerja sistem penerangan . Terbukti prestasi belajar peserta didik meningkat diliht dari ketuntasan klasikal Pra siklus 33,7%, Siklus I 66,7%, dan Siklus II 81,8%. Pada penelitian dari pra siklus sampai siklus 2 terjadi kenaikan sebesar 47 %. 2) Dalam Langkah peningkatan kompetensi evaluasi kerja sistem penerangan menggunakan pembelajaran Problem based learning dengan cara mengaktifkan peserta didik sehingga lebih aktif dalam mengerjakan proyek dan mendorong peserta didik untuk berfikir kreatif dalam merangkai wiring hearnes pada stand kelistrikan.3) Keaktifan guru pada saat pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Problem based learning dari siklus ke siklus mengalami peningkatan. Kondisi pra siklus guru masih menggunakan metode pembelajaran ceramah (biasa). Kemudian pada keaktifan guru pada siklus dalam kategori baik. Hal ini mengindikasikan guru sudah berhasil dalam menggunakan metode pembelajaran Problem based learning.
Kata kunci : Kompetensi, Evalusi Kerja Sitem penerangan, Metode Pembelajaran Problem based learning, Penelitian Tindakan Kelas.
References
Fathur Rizki, 2018, “peningkatan kompetensi memperbaiki sistem penerangan dan sinyal siswa melalui metode Problem Based Learning (PBL) dengan media trainer Honda Mega Pro pada siswa kelas XI TSM 2 SMK Nusantara 1 Comalt tahun pelajaran 2017/2018.”, Semarang, Fakultas Pendididkan Teknologi dan Kejuruan. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Veteran Semarang.
Yogie Firmansyah, 2019, “peningkatan hasil belajar perwatan sistem penerangan dan sinyal sepeda motor melalui metode Problem Based Learning (PBL) dengan media trainer Honda supra fit.”
Bambang cahyo widodo, 2019, “peningkatan kompetensi perbaikan sistem ”. penerangan menggunakan model problem based learning di SMK Bhakti Praja Batang
Ali ardhinansyah, 2018,“peningkatan kompetensi sistem penerangan dan panel instrumen melalui model problem based learning dengan video tutorial dan stand kelistrikan”.:
Taufik amin mustofa, 2020, “peningkatan kompetensi sistem kelistrikan sepeda motor melalui model problem based learning dengan stand kelistrikan pada siswa”.
Tim Honda. 2002. “Buku Petunjuk Service Supra X 100 cc ”. PT. Astra Honda Motor.
Tim Honda. 2008. “Buku Petunjuk Service Revo ”. PT. Astra Honda Motor
Honda Technical Service Sub Division1991. Honda:Buku pedoman Reparasi Honda Astrea Prima.Jakarta:PT Astra International ,Inc.
Honda Technical Service Sub Division1991. Honda:Buku pedoman Reparasi Honda Megapro.Jakarta:PT Astra International ,Inc