PENINGKATAN HASIL BELAJAR TUNE-UP ENGINE MOBIL KONVENSIONAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA SMK

  • M. Sapi'i Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Aunu Rofiq Djaelani Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Nuraedhi Apriyanto Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa kelas XI TKRO 1 SMK Bhakti Praja Suradadi Kabupaten Tegal (2) peningkatkan keaktifan belajar siswa  kelas XI TKRO 1 SMK Bhakti Praja Suradadi Kabupaten Tegal (3) penerapan metode Peningkatan perawatan sistem engine pada mesin mobil konvensional dengan metode pembelajaran dengan Media Engine Stand   oleh guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berkolaborasi dengan guru kelas XI TKRO 1 SMK Bhakti Praja Suradadi Kabupaten Tegal yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyampaian materi dan observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Analisis dalam penelian ini menggunakan deskriptif kuantitatif untuk memaparkan hasil nilai yang di peroleh siswa dan kualitatif untuk memaparkan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kompetensi pemeliharaan mesin mobil konvensional   menggunakan metode penyampaian materi dan praktek perawatan sistem engine pada mesin mobil konvensional dengan metode pembelajaran dengan Media Engine Stand   pada kelas XI TKRO 1 SMK Bhakti Praja Suradadi Kabupaten Tegal. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari 30% menjadi 86%. Guru mendekati siswa yang belum dan kurang aktif untuk di berikan arahan supaya lebih aktif baik mendengar, menanya dan menanggapi untuk lebih memahami materi yang di sampaikan oleh kelompok lain. Dan hasilnya dapat di simpulkan bahwa penggunaan metode penyampaian materi dan praktek dengan Media Engine Stand   dapat meningkatkan hasil belajar pemeliharaan mesin mobil konvensional   siswa kelas XI TKRO 1 SMK Bhakti Praja Suradadi Kabupaten Tegal.


 


Kata kunci : Peningkatan hasil belajar, perawatan engine, problem based learning.

References

Amir, M.Taufiq, 2010.Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning.
Anonim, 1995.Pedoman Reparasi Toyota Kijang 3K.PT. Toyota Astra Motor.
Anonim, 1995.Toyota New Step 1.PT. Toyota Astra Motor. Jakarta.
Arikunto, 2014 Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta
Dimyati dan Mudjiono, 2009.Belajar dan Pembelajaran.PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Hutabara, 2019 Peningkatan Perawatan Engine Konvensional Melalui Metode PBL Pada Siswa SMK
Ibrahim, M, dan Nur, M, 2000.Pengajaran Berdasarkan Masalah. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.
Kamdi,2007, Kurukulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Kasihani, Kasbolah, 1999. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta. Kencana. Jakarta.
M. Ngalim, 2004 Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.
Mulyasa, 2009.Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosdakaraya. Bandung. Rosda karya. Bandung.
Santoso, 2013 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Pemeliharaan/Servis Engine Dan komponen-Komponennya Melalui metode Pembelajaran edutainment Pada Siswa Tingkat X Smk Negeri 4 Kendal
Slamet, 2010.Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Renika Cipta. Jakarta.
Sudjana, 1989 Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.CV. Sinar Baru. Bandung.
Sukaryo, 2019 Penelitian Tindakan kelas pada siswa kelas. Upaya menigkatkan motivasi dan hasil belajar Teknik dasar otomotif kompetensi engine 2 dan 4 langkah melalui model pengajaran siswa SMK.
Suprijono, Agus, 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Belajar. Yogyakarta.
Trianto, 2007.Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka. Jakarta.
Published
2020-11-08
How to Cite
SAPI'I, M.; DJAELANI, Aunu Rofiq; APRIYANTO, Nuraedhi. PENINGKATAN HASIL BELAJAR TUNE-UP ENGINE MOBIL KONVENSIONAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA SMK. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 109-115, nov. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1329>. Date accessed: 05 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.