KONTRIBUSI TEKNOLOGI HYDROCARBON CRACK SYSTEM TERHADAP NOISE MESIN KENDARAAN SEPEDA MOTOR 4-TAK

  • Didik Rohmantoro Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Yogyakarta
  • Bayu Gilang Purnomo Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Yogyakarta
  • Muhamad Amiruddin Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Bahan bakar dengan kualitas oktan yang rendah dapat menimbulkan detonasi pada mesin sehingga mengakibatkan proses pembakaran tidak sempurna. Detonasi yang terjadi akan menimbulkan kebisingan mesin dan jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama akan memperpendek usia komponen mesin. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan katalis dengan menggunakan hidrokarbon crack system untuk mengurangi kebisingan mesin yang diakibatkan oleh detonasi.


Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen. Analisis data dilakukan menggunakan angka dari penelitian.  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui desain pipa katalis pada HCS yang dikembangkan serta pengaruhnya terhadap Noise mesin sepeda motor 4 tak. Eksperimen pada penelitian ini diawali dengan pembuatan spesimen yaitu desain pipa katalis berbentuk spiral pada HCS dengan variasi panjang pipa dan jarak antar pipa. Eksperimen dilakukan dengen kondisi statis. Teknis pengambilan data dilakukan dengan teknik mengukur waktu yang diperlukan mesin untuk menghabiskan bahan bakar dalam volume tertentu pada putaran mesin dimulai dari 1500 rpm sampai 6500 rpm dengan selisih setiap pengujian sebesar 500 rpm. Pengujian kebisingan mesin sepeda motor 4tak menggunakan sound level meter. . Setelah semua data diperoleh, hasilnya dibandingkan antara data pengujian kebisingan mesin sepeda motor standar dengan sepeda motor yang menggunakan HCS.


Hasil pengujian kebisingan kendaraan menunjukkan bahwa setelah penambahan HCS ganda dengan menggunakan 1 tabung diperoleh penurunan kebisingan tertinggi pada putaran mesin 3500rpm, yaitu sebesar 76,71dB dengan persentase sebesar 1,62%.  Sedangkan penambahan 2 tabung bahan bakar menghasilkan penurunan kebisingan dengan persentase sebesar 2,42% pada putaran mesin yang sama yaitu 3500rpm, yaitu kebisingan sebesar 76,09dB. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan dua tabung bahan bakar dengan volume 1 liter pada tiap tabung dan dengan menggunakan katalis ganda hidrokarbon crack system dapat menurunkan kebisingan mesin dengan penurunan kebisingan sebesar 2,42% jika dibandingkan dengan mesin tanpa menggunakan katalis ganda hidrokarbon crack system.


 


Kata kunci Hidrokarbon Crack System, Noise Mesin, Sepeda motor

References

Abdillah, F. (2014). Prototipe Alat Penghemat Bahan Bakar Mobil Menggunakan Metode Hydrocarbon Crack System Untuk Menghemat Bahan Bakar Dan Mengurangi Emis Gas Buang. Prosiding Snatif, 49-56.
Darmawansyah, D. (2017). Pengaruh Pembebanan Dan Putaran Mesin Terhadap Torsi Dan Daya Yang Dihasilkan Mesin Matari Mgx200/Sl (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Pontianak).
Https://Www.Kompas.Com/. (2019). Isi Bensin, Perhatikan Juga Kompresi Mesin. Retrieved July 15, 2020, From Https://Otomotif.Kompas.Com/Read/2019/11/08/184100815/Isi-Bensin-Perhatikan-Juga-Kompresi-Mesin
Mahendra, S., Fatra, F., Riszal, A. R., & Rohmantoro, D. (2019). Penghemat Bahan Bakar Dengan Menggunakan Pipa Katalis Metode Hydrocarbon Crack System Ganda Pada Sepeda Motor 4 Tak 160 Cc. Gorontalo Journal Of Infrastructure And Science Engineering, 2(2), 1-7.
Mahendra, S., Radimin, R., & Solechan, S. (2016). Analisa Pengaruh Panjang Pipa Spiral Katalis Hydrocarbon Crack System Untuk Penghemat Bahan Bakar Sepeda Motor 4 Tak Honda Mega Pro Terhadap Waktu Performa Mesin, Temperatur Dan Kebisingan. Prosiding Snatif, 93-98.
Mahrus, A., & Muttaqin, A. Z. (2018). Pengaruh Diameter Annulus Konsentris Pada Hcs (Hydrocarbon Crack System) Dengan Bahan Bakar Bioetanol Terhadap Unjuk Kerja Motor Honda Suprax 125. Stator: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Mesin, 1(1), 60-66.
Nursetiono, A., & Indriani, F. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhikeputusan Membeli Sepeda Motoryamaha Matik Di Kota Semarang.
Putra, M. A. (2019). Efek Brand Love, Brand Personality, Dan Brand Image Terhadap Word Of Mouth Pengendara Sepeda Motor Yamaha (Studi Pada Pengendara Muda Sepeda Motor Yamaha Di Kota Bandar Lampung).
Setiawan, K., & Susanto, T. D. (2018). Desain Kritis Pipa Katalis Berbahan Copper Dan Aluminium Pada Hydrocarbon Crack System (Hcs) Untuk Optimasi Pembakaran Motor Bensin Dan Penurun Emisi Gas Buang. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 1).
Purnomo, B. G., Setiyawan, A., & Ahkyat, F. (2017). Pengembangan Intake Manifold Dengan Bahan Dasar Komposit (Serat Nanas). In Prosiding Seminar Nasional UNS Vocational Day (Vol. 1).
Badan Pusat Statistik. (2020). Retrieved July 15, 2020, From Https://Www.Bps.Go.Id/Linktabledinamis/View/Id/1133
Published
2020-11-08
How to Cite
ROHMANTORO, Didik; PURNOMO, Bayu Gilang; AMIRUDDIN, Muhamad. KONTRIBUSI TEKNOLOGI HYDROCARBON CRACK SYSTEM TERHADAP NOISE MESIN KENDARAAN SEPEDA MOTOR 4-TAK. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 69-77, nov. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1325>. Date accessed: 05 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.