PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA
Abstract
Penggunaan Metode Problem Based learning dengan Media Animasi sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Memahami Dasar-dasar Perawatan Sistem Pengisian pada Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan 3 Smk Muhammadiyah 1 Kota Tegal. Skripsi. PVTM-O. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas IVET Semarang, 2019.
Tujuan penelitian adalah 1).Untuk mengkaji peningkatan hasil belajar Memahami Dasar-dasar Sistem Pengisian melalui metode Problem Based Learning dengan Media Animasi pada Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan 3 SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal. 2).Untuk mengkaji peningkatan keaktifan siswa dalam penerapan metode problem based learning dengan Media Animasi pada Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan 3 SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal. 3).Untuk mengkaji peningkatan kinerja guru dalam penerapan metode problem based learning dengan Media Animasi pada Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan 3 SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal.
Jenis penelitian yang telah dilakukan adalah penelitian tindakan kelas tentang seberapa besar peningkatan hasil belajar Dasar-dasar Sistem Pengisian melalui metode problem based learning dengan Media Animasi pada Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan 3 SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal.
Kesimpulan: (1).Metode Pembelajaran problem based learning dengan Media Animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan memahami Dasar-dasar Perawatan Sistem Pengisian, pada nilai pengetahuan siswa siklus I dengan presentase ketuntasan klasikal 43% dengan rata-rata 70.7 meningkat menjadi 89% dengan rata-rata 77.3 pada siklus II. Untuk nilai keaktifan pada siklus I nilai rata-rata sebesar 70,7 dengan ketuntasan klasikal 43% meningkat menjadi 89% dengan rata-rata 77,3 pada siklus II. (2) metode pembelajaran problem based learning dengan media animasi dapat meningkatkan keaktifan siswa pada siklus I persentase keaktifan siswa sebesar 43% meningkat menjadi 89% pada siklus II. (3) Pelaksanaan proses pembelajaran dengan metode problem based learning dengan media animasi dapat secara efektif meningkatkan kinerja guru, pada siklus I persentase peningkatan aktifitas guru sebesar 25% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II.
Kata kunci : Hasil belajar siswa, Metode Problem Based Learning, Media Animasi
References
Amir, M.Taufiq, 2010.Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Kencana. Jakarta.
Arikunto, Suharsimi, dkk, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.
Daryanto, 2004.Sistem Pengapian Mobil. Bumi Aksara. Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono, 2009.Belajar dan Pembelajaran.PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Eggen, Paul, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Ketrampilan Berfikir.Indeks. Jakarta.
Ibrahim, M, dan Nur, M, 2000.Pengajaran Berdasarkan Masalah. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.
Kasihani, Kasbolah, 1999. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Mulyasa, 2009.Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosdakaraya. Bandung.
Sanjaya, Wina, 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Kencana Predana Media. Jakarta.
Slameto, 2010.Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Renika Cipta. Jakarta.
Sugiyono, 2008.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.