STUDI EKSPERIMEN PENGARUH VARIASI CELAH BUSI TERHADAP TORSI, DAYA, EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SPESIFIK PADA MOTOR 4 TAK 110 CC

  • Sujamiyanto Sujamiyato Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Fuad Abdillah Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Sena Mahendra Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mengetahui perbedaan besar torsi (Nm) mesin sepeda motor yang menggunakan variasi busi dan pada berbagai variasi celah busi.2) Mengetahui perbedaan besar daya (Hp). 3) Mengetahui konsumsi bahan bakar spesifik (SFC). 4) Mengetahui emisi gas buang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan jenis Komparatif untuk mengungkapkan informasi tentang efektivitas penggunaan Variasi Celah Busi Terhadap Torsi, Daya, Emisi Gas Buang, dan SFC. Sampel pada penelitian ini sepeda motor Blade dan Smash dengan variasi celah busi. Teknik analisis data deskriptif yang membandingkan Pengaruh Variasi Celah Busi Terhadap Torsi, Daya, Emisi Gas Buang, dan SFC. Hasil penelitian: 1). Tedapat pengaruh Torsi pada Blade terbesar di 5000 Rpm angka 11,80 Nm di celah 0,90 mm busi iridium, Smash terbesar di 5000 Rpm angka 11,76 Nm celah 0,70 mm busi Platinum. 2). Terdapat pengaruh daya pada Blade terbesar di 6000 Rpm angka 9,0 Hp celah 0,70 mm busi Iridium. Smash terbesar di 6500 Rpm angka 9,4 Hp celah 0,70 mm busi Iridium. 3). Terdapat pengaruh SFC dari variasi celah busi yang di lakukan, SFC terkecil sepeda motor Blade pada busi iridium celah 0,70 mm Pertamax. Smash pada busi Platinum celah 0,90 mm pertamax. 4). Terdapat pengaruh gas buang dari variasi celah busi, hasil penelitian gas CO terkecil pada Blade di busi Iridium celah 0,70 mm Pertamax. Sedangkan Smash di busi Standar celah 0,50 mm Pertamax, hasil penelitian didapatkan gas HC terkecil sepeda motor Blade di busi Iridium celah 0,70 mm Pertamax. Sedangkan Smash di busi Iridium celah 0,70 mm Pertamax.


 


Kata Kunci : Pengaruh Variasi Celah Busi Terhadap Torsi, Daya, Emisi Gas Buang, dan Konsumsi Bahan Bakar Spesifik

References

Auliya. (2013). Pertamina-Pertamax. Jakarta: Politeknik Negeri Jakarta.
BPS. 13 Februari (2019). Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis, 1949-2017. www.bps.go.id/link TableDinamis/view/id/1133. (diakses pada 11 Nopember 2019 )
CNBC Indonesia. 13 Februari (2019). BPH Migas: Konsumsi BBM Tahun 2018 75 Juta Kiloliter. www.cnbcindonesia.com/news/201801081145938-4-894/bph-migas-konsumsi-bbm-tahun-2018-75-juta-kiloliter. (diakses pada 13 Desember 2019)
Gila Suzuki Spesifikasi sepeda motor Smash 110 cc https://gilasuzuki.blogspot.com/2016/11/spesifikasi-motor-suzuki-smash.html# (diakses pada 13 Desember 2019)
Keputusan Direktur Jenderal Minyak & Gas Bumi No. 3674 K/24/DJM/2006 tanggal 17 Maret (2006) tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin yang Dipasarkan di Dalam Negeri.
Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No.6 Tahun (2008) tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor di Dalam Negeri. http://hukum.unsrat.ac.id›menlh_5_2006.pdf (diunduh pada 13 Februari 2019)
OTO.DETIK Spesifikasi Honda Blade 110 cc https://oto.detik.com/motor/d-1691457/spesifikasi-lengkap-honda-blade (diakses pada 13 Desember 2019)
Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 05 Tahun (2006), tentang ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor lama.
Raharjo, Winarno Dwi dan Karnowo. (2008). Mesin Konversi Energi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Soenarta N. dan Shoichi F. (2002). Motor Serba Guna (Small Engine for General Use). Jakarta: Pradnya Paramita.
Sugiono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : ALFABETA
Sukidjo, FX. (2011). Performa Sepeda Motor Empat Langkah Berbahan Bakar Premium Dan Pertamax. Forum Teknik,. 34/1. Program Dipoma Teknik Mesin Sekolah Vokasi UGM.
Published
2020-11-08
How to Cite
SUJAMIYATO, Sujamiyanto; ABDILLAH, Fuad; MAHENDRA, Sena. STUDI EKSPERIMEN PENGARUH VARIASI CELAH BUSI TERHADAP TORSI, DAYA, EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SPESIFIK PADA MOTOR 4 TAK 110 CC. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 5-18, nov. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1318>. Date accessed: 05 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.