PENGARUH PENGGUNAAN ROLLER SEPEDA MOTOR BEAT TERHADAP EFEKTIFITAS DAYA DI DAERAH PEGUNUNGAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Menguji pengaruh sepeda motor Honda Beat 110cc Tahun 2011 dengan menggunakan roller lebih ringan dari standarnya (12 gram) dan 10 gram, 9 gram, 8 gram terhadap daya pada daerah pegunungan meliputi : 1). Daya mesin 2). Torsi Mesin 3). Pengujian pada pegunungan yang menentukan manakah roller yang cocok digunakan di daerah pegunungan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan jenis Deskriptif untuk mengungkapkan informasi tentang pengaruh penggunaan roller terhadap daya dan torsi mesin sepeda motor. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebuah sepeda motor Honda Beat 110cc Tahun 2011 dengan penggunaan roller lebih ringan dari standarnya 12 gram.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil penelitian daya mesin yang tertinggi berada di roller ukuran 10 gram dengan hasil hp 8.4 rpm 5750 (2) Hasil penelitian torsi mesin yang tertinggi berada di ukuran roller 8 gram hasil torsi 12.11 di Rpm 4750 (3) Hasil pengujian lapangan menunjukan roller yang efektif di gunakan pada daerah peunungan dengan ukuran 10 gram dengan hasil grafik yang di tampilkan pada apps spedometer GPS sangat stabil.
Kata kunci: Pengaruh Penggunaan Roller Sepeda Motor Beat Terhadap Daya Di Daerah Pegunungan. Roller standar 12 gram dan roller 10 gram, 9 gram dan roller 8 gram
References
Basyirun, dkk. 2008, Mesin Konversi Energi, Semarang : Universitas Negeri Semarang
Jama, Jalius, dkk. 2008. Teknik Sepeda Motor Jilid 3untuk SMK Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta
Kruisdiarti, Hanny. 2011 Spedometer (TugasInstrumentasiFisika). FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG
Lamtio Indo Fratomo. (2013). Cara Kerja dan Trouble Shooting CVT Suzuki Spin 125 R. Semarang: UNNES
Made Dwi Budiana, I Ketut Adi Atmika dan IDG Adi Subagia. (2008). Variasi Berat Roller Sentrifugal pada Continuosly Variable Transmission (CVT) terhadap Kinerja Traksi Sepeda Motor. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin CAKRAM Vol. 2 No. 2, Desember 2008 (97–102)
Putra Nurliansyah, dkk. 2014, Pengaruh Jenis Bahan Bakar Bensin Dan Variasi Rasio Kompresi Pada Sepeda Motor Suzuki Shogun FL 125 SP Tahun 2007, Jurnal FKIP UNS, Volume 2 Nomer 3 2014
Wiratmaja I Gede, 2010, Analisa Unjuk Kerja Motor Bensin Akibat Pemakaian Biogasoline, Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Volume 4 Nomor 1.
Yamin, Mohamad, dkk. (2011). Analisa Dan Pengujian Roller Pada Mesin Gokart Matic.
Zulnaidi, MetodePenelitian, 2007, Medan, Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara.