PENGARUH KINERJA GURU DAN PENGGUNAAN MEDIA SCANER BLUETOOTH TERHADAP HASIL BELAJAR TUNE UP INJEKSI

  • Dicky Alif Fardana Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Aunu Rofiq Djaelani Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Yohanes Sarsetyono Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang

Abstract

Dicky Alif Fardana NPM : C3215110002 “Pengaruh Kinerja Guru & Penggunaan Media Scaner Bluetooth Pada Mata Pelajaran Otomotif Terhadap Hasil Belajar Tune Up Injeksi Siswa Kelas XI SMK Texmaco Semarang”. Semarang, PVTMO Universitas Ivet Semarang, 2020.


Penelitian ini dibatasi pada dua variabel yang diduga mempunyai pengaruh yang lebih dominan terhadap hasil belajar  yaitu penggunaan media scanner bluetooth dan hasil belajar tune up injeksi. Kinerja guru dibatasi pada pengamatan siswa terhadap kegiatan guru kejuruan mata pelajaran produktif selama melaksanakan pembelajaran teori dikelas. Dalam penelitian ini masalah dibatasi pada: 1. Prestasi belajar siswa secara keseluruhan yang menjadi indikator kompetensi dan derajat perubahan perilaku yang bersangkutan. Kompetensi yang harus dikuasai siswa perlu dinyatakan sedemikian rupa agar dapat dinilai sebagai wujud hasil belajar siswa yang mengacu pada pengalaman langsung.2.Ketersediaan media scanner bluetooth. Untuk ketersediaan media pembelajaran ini diharapkan siswa mampu mempelajari dan mempraktekan kegunaan dan fungsi scanner bluetooth yang digunakan untuk mengerjakan sesuatu dalam pelaksanaan kegiatan praktik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi praktik siswa dalam menggunakan media scaner bluetooth pada mata pelajaran otomotif siswa kelas XI TKR SMK Texmaco Semarang


Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang bersifat ex post facto. Dalam ari luas penelitian ex post facto dapat diartikan sebagai pengamatan yang dilakukan pada sebuah peristiwa yang sudah berlalu, untuk menemukan fakta tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap peristiwa tersebut. Penelitian kuantitatif merupakan sebuah penelitian yang memiliki karakteristik terencana,sistematis danterukur dengan jelas dalam penyusunan desain penelitiannya. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data baik data primer maupun data sekunder. Sumber data primer adalah sumber data yang langsung memberikan data kepada pengumpul data. Data primer didapat dari hasil angket yang disebar ke siswa sebagai responden, sedangkan data sekunder merupakan sumber data tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data,yaitu bisa lewat orang lain atau dokumen.


Hasil analisis untuk kinerja guru SMK Texmaco Semarang diperoleh jumlah skor terendah 19 dan skor tertinggi 60. Siswa memberikan tanggapan bahwa kinerja guru di SMK Texmaco Semarang tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja guru di SMK Texmaco tinggi. Media scaner bluetooh kelas XI TKR SMK Texmaco Semarang diperoleh jumlah skor terendah 19 dan skor tertinggi 60, Siswa memberikan tanggapan bahwa dalam media scaner bluetooth tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI TKR SMK Texmaco dalam belajar melalui media scaner bluetooth adalah tinggi. Ada pengaruh positif knerja guru terhadap hasil belajar tune up injeksi yang mana dibuktikan dengan uji t yang menunjukan hasil signifikan t 0,004 lebih rendah dari 0,05 yang menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima. Ada pengaruh positif media scaner bluetooth terhadap hasil belajar yang dibuktikan dengan uji t yang menunjukan hasil nilai signifikansi t 0,000 lebih rendah dari 0,05 yang menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima dan nilai signifikansi F sebesar 0,000 lebih rendah 0,05 yang menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima.


 


Kata kunci : Kinerja Guru, Media Scaner Bluetooth, Hasil Belajar Tune Up Injeksi


 

References

Ahmadi dan Supriyono. 2008. Pengertian Hasil Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ahmadi dan Supiyono 2008. Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, S.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI), Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asf Jasmani& Syaiful Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Asf Jasmani & Syaiful Mustofa. (2013). Terobosan Baru dalam Kinerja Peningkata Kerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media

Azwar, S. 2007. Reliabilitas dan Validalitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Departemen Pendidikan Nasional,2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Pendidikan,Jakarta: Depdiknas

Nasution S. (1994:69) Pengertian Belajar. Bandung: Bumi Aksara

Oemar Hamalik. (2011). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Permendiknas. (2011). Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah

Sobri. Jihad, Asep & Charul Rochman. (2009). Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Multi Pressindo
Published
2020-04-30
How to Cite
FARDANA, Dicky Alif; DJAELANI, Aunu Rofiq; SARSETYONO, Yohanes. PENGARUH KINERJA GURU DAN PENGGUNAAN MEDIA SCANER BLUETOOTH TERHADAP HASIL BELAJAR TUNE UP INJEKSI. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 117-127, apr. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1168>. Date accessed: 05 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.