PENINGKATAN HASIL BELAJAR CARA KERJA ENGINE 2 DAN 4 LANGKAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN ANIMASI PADA SISWA

  • Fahrul Fauzi Rachman Saputra Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Aunu Rofiq Djaelani Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Toni Setiawan Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan praktikum siswa pada pembelajaran cara kerja engine 2 dan 4 langkah. Rendahnya kemampuan disebabkan beberapa factor, diantaranya guru masih menggunakan model konvensional serta media pembelajaran yang kuran memadai sehingga pembelajaran menjadi pasif dan menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk meningkatkan hasil belajar cara kerja engine 2 dan 4 langkah melalui model belajar Problem Based Learning dengan Animasi pada siswa kelas X TKR 1 SMK N 1 Jambu. 2) Untuk mengkaji peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran cara kerja engine 2 dan 4 langkah melalui model belajar Problem Based Learning dengan Animasi pada siswa kelas X TKR 1 SMK N 1 Jambu. 3) Untuk mengkaji penerapan model belajar Problem Based Learning dengan Animasi dalam meningkatkan hasil belajar cara kerja engine 2 dan 4 langkah pada siswa kelas X TKR 1 SMK N 1 Jambu. Jenis penelitian yang telah dilakukan adalah penelitian tindakan kelas tentang seberapa besar peningkatan kompetensi cara kerja engine 2 dan 4 langkah melalui model pembelajaran berbasis problem dengan menggunakan animasi. Kesimpulan: 1) Penggunaan Model Problem Based Learning dengan animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. pada nilai pengetahuan siswa siklus I sebesar 38,89% menjadi 94,44% pada siklus II. Untuk nilai praktek pada siklus I sebesar 44,44% meningkat menjadi 97,22% di siklus II. 2) Model Problem Based Learning dengan Animasi dapat meningkatkan keaktifan siswa pada siklus I sebesar 63,33% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,33%. 3) Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Animasi, dapat meningkatkan kinerja guru pada siklus I sebesar 38,89%, dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44%.


 


Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Problem Based Learning Dengan Animasi, Cara Kerja Engine 2 Dan 4 Langkah

References

Anitah, Sri, Dkk. (2011:2). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Anni, Chatarina Tri dan Achmad Rifa’i. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang : UPT MKK UNNES.

Direktorat Tenaga Kependidikan (2010: 6) Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta : Depdiknas.

Joyce Dan Weil ( dalam Rusman 2012:133), Model-Model Pembelajaran. Bandung : Seri Manajemen Sekolah Bermutu.

Siklus Pelaksanaan PTK Model John Elliot (Mahmud, 2011:221, Metode Penelitian Pendidikan, CV Pustaka Setia; Bandung).

Suparno. 2001. Teori Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Suprijono A. (2014:46). Cooperative Learning: Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Tan (Dalam Rusman, 2012:232), Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Tim Redaksi Universitas Ivet Semarang. Buku Pedoman Skripsi Program Studi Pendidikan Vokasioal Teknik Mesin. 2017. Semarang : Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Ivet Semarang.

Zainal Aqib, (2006:30). Karakteristik PTK untuk Guru SMP, SMA, SMK, Yrama Widya, Bandung.

Zainal Aqib, 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Guru SMP, SMA, SMK, Yrama Widya, Bandung.
Published
2020-04-30
How to Cite
SAPUTRA, Fahrul Fauzi Rachman; DJAELANI, Aunu Rofiq; SETIAWAN, Toni. PENINGKATAN HASIL BELAJAR CARA KERJA ENGINE 2 DAN 4 LANGKAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN ANIMASI PADA SISWA. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 84-94, apr. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1163>. Date accessed: 05 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.