PENINGKATAN KOMPETENSI SISTEM PENERANGAN DAN PANEL INSTRUMEN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN VIDEO TUTORIAL DAN STAND KELISTRIKAN
Abstract
Tujuan penelitian adalah (a) Mengkaji model Problem Based Learning dengan media video tutorial dan stand kelistrikan dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa pada kompetensi dasar perawatan sistem penerangan dan panel instrumen pada siswa kelas XI TKRO 1 di SMK PGRI 1 Taman Pemalang. (b) Mengkaji model Problem Based Learning dengan media video tutorisal dan stand kelistrikan dapat meningkatkan keaktifan belajar dari siswa di kelas XI TKRO 1 di SMK PGRI 1 Taman Pemalang. (c) Mengkaji guru dapat menerapkan model Problem Based Learning dengan media video tutorial dan stand kelistrikan dapat meningkatkan kinerja guru dalam mengajar pada siswa kelas XI TKRO 1 di SMK PGRI 1 Taman Pemalang.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan yang mencakup tahapan (1)perencanaan,(2) pelaksanaan,( 3)observasi, dan (4)refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRO 1 di SMK PGRI 1 Taman Pemalang yang berjumlah 36 Siswa. Data diperoleh dengan instrumen penilaian, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan berupa analisis interaktif dan analisis deskriptif prosentase.
Kesimpulan: (1) Dengan Model problem based learning dengan media video tutorial dan stand kelistrikan dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa, terbukti dengan persentase pada siklus I sebesar 66,67% dan meningkat pada siklus II sebesar 100% lebih besar dari indikator ketuntasan klasikal belajar siswa yaitu: 75 % (2) Dengan Model problem based learning dengan media video tutorial dan stand kelistrikan dapat meningkatkan keaktifan siswa, terbukti dengan presentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 38,19% dan meningkat pada siklus II sebesar aktif 75% lebih besar dari indikator keaktifan siswa yaitu 70 % (3) Dengan guru dapat menerapkan model problem based learning dengan video Tutorial dan stand kelistrikan maka dapat meningkatkan kinerja guru dalam mengajar pada siswa kelas XI TKRO 1 terbukti pada siklus I dengan Skor rata sebesar 3 dan nilai rata-rata 83 dengan criteria nilai 76 – 90 mendapatkan kategori baik , meningkat pada siklus II dengan skor rata rata sebesar 3,3 dan nilai rata-rata 84 dengan kriteria nilai 76-90 mendapatkan kategori baik.
Kata kunci : sistem penerangan, panel instrumen, problem based learning, video tutorial, stand kelistrikan
References
Leonardus Baskoro Pandu Y. (2013). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran Komputer (kk6) di SMK N 2 Wonosari Yogyakarta
Lantik Anjar Ginanjar. (2015). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa d kelas XI SMK Negeri 3 Surabaya
Mahmud. (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung. CV Pustaka Setia
Samsudi. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Program Produktif, Bandung, Pustaka Indah
Sugiyono. (2004). MetodePenelitian Admisitrasi, alfabeta, Bandung.
Suharsimi Arikunto. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dra. Tutik Rachmawati, M.Pd & Drs. Daryanto, 2008, Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya , Yogyakarta, Gava Media