PENINGKATAN KOMPETENSI SISTEM PENERANGAN DAN PANEL INSTRUMEN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN VIDEO TUTORIAL DAN STAND KELISTRIKAN

  • Ali Ardhinansyah Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Aunu Rofiq Djaelani Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Toni Setiawan Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang

Abstract

Tujuan penelitian adalah (a)   Mengkaji model  Problem Based Learning dengan media video tutorial dan stand kelistrikan dapat meningkatkan  hasil  prestasi  belajar siswa pada  kompetensi  dasar  perawatan  sistem penerangan dan panel instrumen pada siswa  kelas XI TKRO 1 di SMK PGRI 1 Taman Pemalang. (b) Mengkaji  model  Problem Based Learning dengan media video tutorisal dan stand kelistrikan dapat meningkatkan keaktifan belajar dari siswa  di kelas XI TKRO 1 di SMK PGRI 1 Taman Pemalang. (c) Mengkaji  guru dapat menerapkan model  Problem Based Learning dengan media video tutorial dan stand kelistrikan dapat meningkatkan kinerja guru dalam mengajar pada siswa kelas XI TKRO 1 di SMK PGRI 1 Taman Pemalang.


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan yang mencakup tahapan (1)perencanaan,(2) pelaksanaan,( 3)observasi, dan (4)refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRO 1 di SMK PGRI 1 Taman Pemalang yang berjumlah 36 Siswa. Data diperoleh dengan instrumen penilaian, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan berupa analisis interaktif dan analisis deskriptif prosentase.


Kesimpulan: (1) Dengan Model problem based learning dengan media video tutorial dan stand kelistrikan dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa, terbukti dengan persentase   pada siklus I sebesar  66,67% dan meningkat pada siklus II sebesar 100% lebih besar dari indikator ketuntasan klasikal belajar siswa yaitu: 75 % (2) Dengan Model problem based learning dengan media video tutorial dan stand kelistrikan dapat meningkatkan keaktifan siswa, terbukti dengan presentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar  38,19% dan meningkat pada siklus II sebesar aktif 75% lebih besar dari indikator keaktifan siswa yaitu 70 % (3) Dengan guru dapat menerapkan model problem based learning dengan video Tutorial dan stand kelistrikan maka dapat meningkatkan kinerja guru dalam mengajar pada siswa kelas XI TKRO 1 terbukti pada siklus I dengan Skor rata sebesar 3 dan nilai rata-rata 83 dengan criteria nilai 76 – 90 mendapatkan kategori baik , meningkat pada siklus II dengan skor rata rata sebesar 3,3 dan nilai rata-rata 84 dengan kriteria nilai 76-90 mendapatkan kategori baik.


Kata kunci : sistem penerangan, panel instrumen, problem based learning, video tutorial,  stand kelistrikan


 

References

Eric Supriyanto. (2018). Peningkatan kompetensi sistem kelistrikan bodi mobil melalui model problem based learning dengan video animasi dan stand kelistrikan bodi pada siswa kelas XI TKR 3 di SMK Muhammadiyah Kajen Pekalongan

Leonardus Baskoro Pandu Y. (2013). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran Komputer (kk6) di SMK N 2 Wonosari Yogyakarta

Lantik Anjar Ginanjar. (2015). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa d kelas XI SMK Negeri 3 Surabaya

Mahmud. (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung. CV Pustaka Setia

Samsudi. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Program Produktif, Bandung, Pustaka Indah

Sugiyono. (2004). MetodePenelitian Admisitrasi, alfabeta, Bandung.

Suharsimi Arikunto. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dra. Tutik Rachmawati, M.Pd & Drs. Daryanto, 2008, Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya , Yogyakarta, Gava Media
Published
2020-04-30
How to Cite
ARDHINANSYAH, Ali; DJAELANI, Aunu Rofiq; SETIAWAN, Toni. PENINGKATAN KOMPETENSI SISTEM PENERANGAN DAN PANEL INSTRUMEN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN VIDEO TUTORIAL DAN STAND KELISTRIKAN. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 62-72, apr. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1161>. Date accessed: 05 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.