PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERAWATAN SISTEM PENERANGAN DAN SINYAL SEPEDA MOTOR MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN HONDA SUPRA FIT PADA SISWA

  • Yogie Firmansyah Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Aunu Rofiq Djaelani Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Toni Setiawan Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang

Abstract

Firmansyah, Yogie, NPM. C3217220136. Penggunaan Metode Problem Based learning dengan Alat Peraga Honda Supra Fit sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Memahami Dasar-dasar Perawatan Sistem Penerangan dan Sinyal Sepeda Motor pada Siswa Kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor 2 SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang. Skripsi. PVTM-O. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas IVET Semarang, 2019. Halaman 230


 


Tujuan penelitian adalah 1).Untuk mengkaji peningkatan hasil belajar Memahami Dasar-dasar Perawatan Sistem Penerangan dan Sinyal Sepeda Motor melalui metode Problem Based Learning dengan alat peraga Honda Supra fit pada Siswa Kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor 2 SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang. 2).Untuk mengkaji peningkatan keaktifan siswa dalam penerapan metode problem based learning dengan alat peraga honda supra fit pada Siswa Kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor 2 SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang. 3).Untuk mengkaji peningkatan kinerja guru dalam penerapan metode problem based learning dengan alat peraga honda supra fit pada Siswa Kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor 2 SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang.


 


Jenis penelitian yang telah dilakukan adalah penelitian tindakan kelas tentang seberapa besar peningkatan hasil belajar Dasar-dasar Perawatan Sistem Penerangan dan Sinyal Sepeda Motor pada melalui metode problem based learning dengan alat peraga honda supra fit pada Siswa Kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor 2 SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang.


 


Kesimpulan: (1).Metode Pembelajaran problem based learning dengan alat peraga honda supra fit dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan memahami Dasar-dasar Perawatan Sistem Penerangan dan Sinyal Sepeda Motor, pada nilai pengetahuan siswa siklus I dengan presentase ketuntasan klasikal 58,34% dengan rata-rata 74,47 meningkat menjadi 94,44% dengan rata-rata 80,92 pada siklus II. Untuk nilai keterampilan pada siklus I nilai rata-rata sebesar 76,00 dengan ketuntasan klasikal 66,67% meningkat menjadi 97,22% dengan rata-rata 97,22 pada siklus II. (2) metode pembelajaran problem based learning dengan alat peraga honda supra fit dapat meningkatkan keaktifan siswa pada siklus I persentase keaktifan siswa sebesar 33,33% meningkat menjadi 78,13% pada siklus II. (3) Pelaksanaan proses pembelajaran dengan metode problem based learning dengan alat peraga honda supra fit dapat secara efektif meningkatkan kinerja guru, pada siklus I persentase peningkatan kinerja guru sebesar 71,67% meningkat menjadi 93,33% pada siklus II.


 


Kata kunci : Hasil belajar siswa, Metode Problem Based Learning, alat peraga Honda Supra Fit

References

Anitah, 2011. Media Pembelajaran. Surakarta : LPP UNS.

Arikunto, Suharsimi & Suharjono. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Direktorat Pembinaan Sekolah Kejuruan Direktorat Jendral Pendididkan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2008. Panduan Penilaian Hasil Belajar dan Pengembangan Karakter pada Sekolah Menengah Kejuruan.

Evi tri wulandari (2015) tentang “ pengaruh penerapan problem based learning terhadap kemandirian belajar IPA siswa kelas IV SD Se-gugus III kecamatan temon kabupaten kulon progo”.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Kurniawan Wahyu. 2012. “Penggunaan Alat Peraga Sistem Injeksi Bahan Bakar Diesel Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Teknik Otomotif”. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Rusman, 2012. Model –Model Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana Wahidmuri, dkk. 2010. evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Nuha litera

Sujana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar baru.

Sunandar, Shodik. 2012. Proses belajar mengajar. Tersedia : (http://m4y-a5a.blogspot.com/2012/05/hakikat -keaktifan-belajar.html)

Tim Redaksi Akademik Institut IKIP Veteran Semarang. 2017. Buku Pedoman Skripsi. Semarang: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Veteran Semarang.
Published
2020-04-30
How to Cite
FIRMANSYAH, Yogie; DJAELANI, Aunu Rofiq; SETIAWAN, Toni. PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERAWATAN SISTEM PENERANGAN DAN SINYAL SEPEDA MOTOR MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN HONDA SUPRA FIT PADA SISWA. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 18-29, apr. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1157>. Date accessed: 05 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.