PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa kelas XI TBSM 2 SMK Muhammadiyah Bulakamba Brebes (2) peningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI TBSM 2 SMK Muhammadiyah Bulakamba Brebes (3) penerapan model Problem Based Learning dengan media Trainer System Starter oleh guru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berkolaborasi dengan guru kelas XI TBSM 2 SMK Muhammadiyah Bulakamba Brebes . Objek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI TBSM 2 SMK Muhammadiyah Bulakamba Brebes yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes evaluasi dan observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Analisis dalam penelian ini menggunakan deskriptif kuantitatif untuk memaparkan hasil nilai yang di peroleh siswa dan kualitatif untuk memaparkan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kompetensi perawatan sistem Starter menggunakan model problem based learning dengan media Trainer System Starter dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TBSM 2 SMK Muhammadiyah Bulakamba Brebes. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari 57% menjadi 92%. Guru mendekati siswa yang belum dan kurang aktif untuk di berikan arahan supaya lebih aktif baik mendengar, menanya dan menanggapi untuk lebih memahami materi yang di sampaikan oleh kelompok lain. Dan hasilnya dapat di simpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dengan media Trainer System Starter dapat meningkatkan hasil belajar perawatan sistem starter siswa kelas XI TBSM 2 SMK Muhammadiyah Bulakamba Brebes.
Kata kunci : Hasil belajar siswa, Model Problem Based Learning, Media Trainer System Starter
References
Daryanto, 2004, Teknik Reparasi dan Perawatan Sepeda Motor, Bumi Aksara. Jakarta
E.Mulyasa, 2016, Menjadi Guru Propesional. RemajaPosdaKarya. Bandung.
Febri Wigi Arso, 2016, Peningkatan Kompetensi Rangkaian Sistem Pengisian melalui metode Problem Based Learning dengan Animasi pada Siswa Kelas XI TKR B SMK Syafa’atul Ummah Banjaratma Bulakamba Brebes, Skripsi Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan IKIP Veteran Semarang
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013, Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor .VEDC Malang.
M. Hosnan, 2014, Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21, Ghalia Indonesia, Bogor.
Sadirman, 2005. Media Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Suharsimi, Arikunto, 2006, Penelitian Tindakan Kelas. BumiAksara. Jakarta.
SyaefulBahri, Djamarahdan Aswan Zain, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta