MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PEMELIHARAAN KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING PADA SISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan pelaksanaan Model Pembelajaran Generative Learning. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Generative Learning. (3) Mendeskripsikan peningkatan aktifitas belajar dan pemahaman siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Generative Learning Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Kelas XI Teknik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Al-Mubaarok Rembang Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Generative Learning, penelitian tindakan kelas ini ada 4 tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TBSM A SMK Al-Mubaarok Rembang Tahun Ajaran 2019/2020. Pelaksanaan penelitian ini dilangsungkan dalam 2 siklus,dan hasil belajar diukur dengan melaksanakan post-test pada akhir pertemuan setelah diberikan tindakan. Analisis data yang digunakan yaitu diskriptif percentage.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Generative Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan pada pencapaian persentase nilai SKM kelas pada kondisi awal 18,1% atau 6 siswa tuntas dari 33 siswa yang mengikuti pre-test, sementara 63,6% atau sebanyak 21 siswa tuntas dari total siswa yang mengikuti post-test sebanyak 33 siswa pada siklus I, dan 81,9% atau sebanyak 27 siswa tuntas dari total yang mengikuti post-test sebanyak 33 siswa pada siklus II. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 18,3% dari siklus I ke siklus II. Untuk nilai rata-rata kelas diperoleh nilai sebesar 65,6 pada kondisi awal, 73,2 pada siklus I, sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus II menjadi 78,0 atau meningkat 4,8. Aktifitas siswa juga mengalami peningkatan pada kondisi awal untuk kategori tinggi sebesar 18,2% atau 6 orang dari 33 siswa menjadi 30,3% atau 10 orang dari 33 siswa pada siklus I, pada siklus ke II terjadi peningkatan menjadi 70% atau 23 orang dari 33 siswa.
Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dengan model pembelajaran Generative learning, siswa dapat menyampaikan konsep, meningkatkan hasil belajar siswa yang terlihat dari prestasi belajar siswa, serta dapat meningkatkan aktifitas belajar.
Kata kunci : model pembelajaran Generative learning, pemeliharaan kelistrikan, hasil belajar.
References
McNiff,J. (1992). Action Research: Principles and Practice. London: Routledge.
Djemari Mardapi (2008) Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Non Tes, Yogyakarta: Mitra Cendikia Prss
M. Ngalim Purwanto. (1994). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda karya.
Suhardjono (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bhumi Aksara.
Suyanto (1999) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas.
Kemmis, S. and McTaggart, R. (1988) The Action Research Planner. Victoria: The Deakin University.
Journals:
Muhammad Doni (2017), yang berjudul “Peningkatan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Model Generative learning Pada Mata Pelajaran Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Yogyakarta”