PENGARUH HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DAN PELAYANAN INFORMASI BURSA KERJA KHUSUS (BKK) TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil belajar kewirausahaan dan pelayanan informasi bursa kerja khusus (BKK) terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI TSM SMK Bina Nusantara Ungaran. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang bersifat expost facto. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI TSM SMK Bina Nusantara Ungaran sebanyak 75 siswa. Pengujian data yang digunakan adalah validitas dan realibilitas. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Sedangkan uji hipotesis data dengan menggunakan uji regresi sederhana, uji regresi berganda, uji T, uji F, uji R square (determinan) dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 24.0.
Hasil analisis menunjukkan ada pengaruh positif antara hasil belajar kewirausahaan dan pelayanan informasi bursa kerja khusus (BKK) terhadap minat berwirausaha yang ditunjukan nilai pada uji F diperoleh nilai signifiknsi 0.018 lebih kecil dari 0,05 (? = 5 %) sehingga Ha diterima. Besarnya pengaruh hasil belajar kewirausahaan dan pelayanan informasi bursa kerja khusus (BKK) terhadap minat berwirausaha yang ditunjukkan pada uji R2 (determinasi) sebesar 0,08 yang artinya 8 % dan sisanya 92 % dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal tersebut mengindikasikan semakin baik hasil belajar kewirausahaan dan pelayanan informasi bursa kerja khusus (BKK) maka minat berwirausaha siswa semakin meningkat.
Kata kunci : Hasil belajar kewirausahaan, pelayanan informasi bursa kerja khusus (BKK), minat berwirausaha
References
Ariwibowo, Cahyo. (2013). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Hasil Belajar Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Online SMK Negeri Se- Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2012/2013. Yogyakarta: Proposal Skripsi UNY.
Hestanto. Teori Minat Berwirausaha. http://www.google.com/amp/s/www.hestanto.web.id/teori-minat-berwirausaha (diakses tanggal 23 januari 2009).
Ramadhan, M. Rizky. (2018). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Sarana Pembelajaran Praktik Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK YATPI Godong 2018/2019. Semarang: Proposal Skripsi IVET.
Romdoni, Achmad. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Pelayanan Informasi Bura Kerja Khusus (BKK) terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Walisongo Semarang Tahun Ajaran 2018. Semarang: Proposal Skripsi IVET.
Subandono, Aris. (2007). Pengaruh Pembelajaran Life Skill Diklat Kewirausahaan Terhadap Minat Bewirausaha Pada Siswa SMK N 1 Semarang. Skripsi Fakultas Otomotif UNS. Surakarta.
Sudrajad, Ade. (2017). Pengurus Bursa Kerja Khusus (BKK), Pahlawan Dalam Menurunkan Tingkat Penganguran. https://www.kompasiana.com/ad esudrajat/5a054ec75a676f08d4650cc/pengurus-bursa-kerja-khusus-bkk-pahlawan-dalam-menurunkan-tingkat-pengangguran?page=all.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wasty Soemanto. (2002). Pendidikan Wiraswasta. Jakarta: Bumi Aksara.
Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap). Pendidikan Menurut Para Ahli. http://www.seputarpengetahuan.co.id/20015/02/15- pengertian-pendidikan-menurut-para-ahli.html diakses tanggal 15 januari (2018)