PENERAPAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM PENGISIAN SEPEDA MOTOR

  • Defri Ekomoyo Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Fuad Abdillah Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Sena Mahendra Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang

Abstract

Berdasarkan observasi di SMK Muhammadiyah 2 Blora, masih banyak guru menggunakan metode pembelajaran yang kurang efektif seperti metode ceramah. Selama pembelajaran, siswa menjadi pasif. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran sistem pengisian pada sepeda motor. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI TBSM 1 SMK Muhammadiyah 2 Blora sebanyak 33 siswa.


Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas pada penelitian ini obyek penelitian mengalami  kenaikan hasil pembelajaran, ditandai dengan peningkatan jumlah siswa yang  lulus pada akhir siklus. Pada siklus I P,siswa telah lulus 42% dari 33 siswa. Siklus I P2 siswa lulus mencapai 57,57%, Pada siklus ke II P1, 75% siswa telah  lulus, dari 33 siswa yang mengikuti pelaajaran ini, Pada siklus ke II P2, siswa  lulus telah mencapai 75% dari 33 siswa, berarti pada siklus II P1 dan siklus II P2 berkategori baik karena pencapaian kompetensi >70 %. Yang  membedakan, pada siklus II P2, siswa dengan nilai yang  tinggi bertambah. jumlahnya.  Peningkatan  hasil  belajar siswa disebabkan  meningkatnya indikator kegigihan, perilaku, dan aktivitas siswa pada proses pembelajaran. Peningkatan  kegigihan, perilaku, dan aktivitas  siswa ditandai  meningkatnya antusias siswa terhadap penerapan metode Team Accelerated Instruction (TAI) pada  proses  pembelajaran..


 


Kata kunci: kejuruan, pendidikan, otomotif, TAI, Team Accelerated Instruction

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta

Beni Setya Nugraha.(2005). Sistem Pengisian dan Penerangan.Yogyakarta:FT UNY

Daryanto.(2011). Belajar dan Mengajar .Jakarta:Yrama Widya.

Endang Mulyatingsih. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung:Penerbit Alfabeta

JaliusJama. (2008). Teknik Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta: Depdiknas

Made Wena. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kotemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Mei Kurniawati. 2012. Penerapan Pembe-lajaran Kooperatif Tipe TAI untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunung Kidul Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Munawar. 2009. Pemodelan Visual Dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nana Sudjana. 2002.Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Nurhadi. 2003. Beberapa Pendekatan Barudalam Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Oemar Hamalik. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Suherman. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung:UPI. Suyitno. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Media Utama.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta :Kencana Prenada Media. (diunduh 16 Juni 2018)
Published
2020-01-04
How to Cite
EKOMOYO, Defri; ABDILLAH, Fuad; MAHENDRA, Sena. PENERAPAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM PENGISIAN SEPEDA MOTOR. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 65-73, jan. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1050>. Date accessed: 05 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.