PENERAPAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM PENGISIAN SEPEDA MOTOR
Abstract
Berdasarkan observasi di SMK Muhammadiyah 2 Blora, masih banyak guru menggunakan metode pembelajaran yang kurang efektif seperti metode ceramah. Selama pembelajaran, siswa menjadi pasif. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran sistem pengisian pada sepeda motor. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI TBSM 1 SMK Muhammadiyah 2 Blora sebanyak 33 siswa.
Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas pada penelitian ini obyek penelitian mengalami kenaikan hasil pembelajaran, ditandai dengan peningkatan jumlah siswa yang lulus pada akhir siklus. Pada siklus I P,siswa telah lulus 42% dari 33 siswa. Siklus I P2 siswa lulus mencapai 57,57%, Pada siklus ke II P1, 75% siswa telah lulus, dari 33 siswa yang mengikuti pelaajaran ini, Pada siklus ke II P2, siswa lulus telah mencapai 75% dari 33 siswa, berarti pada siklus II P1 dan siklus II P2 berkategori baik karena pencapaian kompetensi >70 %. Yang membedakan, pada siklus II P2, siswa dengan nilai yang tinggi bertambah. jumlahnya. Peningkatan hasil belajar siswa disebabkan meningkatnya indikator kegigihan, perilaku, dan aktivitas siswa pada proses pembelajaran. Peningkatan kegigihan, perilaku, dan aktivitas siswa ditandai meningkatnya antusias siswa terhadap penerapan metode Team Accelerated Instruction (TAI) pada proses pembelajaran..
Kata kunci: kejuruan, pendidikan, otomotif, TAI, Team Accelerated Instruction
References
Beni Setya Nugraha.(2005). Sistem Pengisian dan Penerangan.Yogyakarta:FT UNY
Daryanto.(2011). Belajar dan Mengajar .Jakarta:Yrama Widya.
Endang Mulyatingsih. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung:Penerbit Alfabeta
JaliusJama. (2008). Teknik Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta: Depdiknas
Made Wena. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kotemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Mei Kurniawati. 2012. Penerapan Pembe-lajaran Kooperatif Tipe TAI untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunung Kidul Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Munawar. 2009. Pemodelan Visual Dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nana Sudjana. 2002.Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Nurhadi. 2003. Beberapa Pendekatan Barudalam Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Oemar Hamalik. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Suherman. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung:UPI. Suyitno. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Media Utama.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta :Kencana Prenada Media. (diunduh 16 Juni 2018)