IMPLEMENTASI TGT UNTUK MOTIVASI BELAJAR PEMELIHARAAN KELISTRIKAN STARTER KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH GUBUG

  • Edi Suprapto Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Joko Suwignyo Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Herry Sulendro Mangiri Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan dalam memahami sistem starter siswa melalui implementasi pembelajaran Kooperatif model Teams Games Tournaments (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Analisis ini dilakukan dengan cara mengolah skor motivasi belajar kompetensi memahami sistem starter yang dilakukan dengan tahap: 1) mengolah skor berdasarkan lembar observasi, 2) mengolah skor berdasarkan angket, 3) Menganalisis skor rata-rata berdasarkan lembar observasi dan angket, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Skor moivasi belajar kompetensi memahami sistem starter berdasarkan observasi meningkat sebesar 17,94% dari skor siklus I sebesar 70,45% menjadi 88,39% pada siklus II, sedangkan berdasarkan angket meningkat sebesar 3,98% dari skor siklus I sebesar 79,59% menjadi 83,57% pada siklus II. Seluruh aspek motivasi belajar yang diukur mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan persentase skor peningkatan antara 5,45% sampai dengan 28,97% (observasi) dan antara 1,52% sampai dengan 9,99% (angket).


Kata Kunci: Implementasi TGT, Motivasi Belajar, Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan.

References

Chairani, Diracahya. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kompetensi Membukukan Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Keuangan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi: UNY.

Efriana, Yeny. 2010. Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI KU II SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada Mata Diklat Produktif Akuntansi. Skripsi: UM.

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyasa. 2006. Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang. Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Published
2020-01-04
How to Cite
SUPRAPTO, Edi; SUWIGNYO, Joko; MANGIRI, Herry Sulendro. IMPLEMENTASI TGT UNTUK MOTIVASI BELAJAR PEMELIHARAAN KELISTRIKAN STARTER KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH GUBUG. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 56-64, jan. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1049>. Date accessed: 05 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.