IMPLEMENTASI TGT UNTUK MOTIVASI BELAJAR PEMELIHARAAN KELISTRIKAN STARTER KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH GUBUG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan dalam memahami sistem starter siswa melalui implementasi pembelajaran Kooperatif model Teams Games Tournaments (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Analisis ini dilakukan dengan cara mengolah skor motivasi belajar kompetensi memahami sistem starter yang dilakukan dengan tahap: 1) mengolah skor berdasarkan lembar observasi, 2) mengolah skor berdasarkan angket, 3) Menganalisis skor rata-rata berdasarkan lembar observasi dan angket, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Skor moivasi belajar kompetensi memahami sistem starter berdasarkan observasi meningkat sebesar 17,94% dari skor siklus I sebesar 70,45% menjadi 88,39% pada siklus II, sedangkan berdasarkan angket meningkat sebesar 3,98% dari skor siklus I sebesar 79,59% menjadi 83,57% pada siklus II. Seluruh aspek motivasi belajar yang diukur mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan persentase skor peningkatan antara 5,45% sampai dengan 28,97% (observasi) dan antara 1,52% sampai dengan 9,99% (angket).
Kata Kunci: Implementasi TGT, Motivasi Belajar, Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan.
References
Efriana, Yeny. 2010. Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI KU II SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada Mata Diklat Produktif Akuntansi. Skripsi: UM.
Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mulyasa. 2006. Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang. Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia.