PENGARUH ON JOB TRAINING DAN BASIC SAFETY TRAINING TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA
Abstract
SMK adalah salah satu pendidikan sistem ganda yang bertujuan menyiapkan lulusanya agar siap bekerja. Tujuan penelitian adalah : (1) untuk mengetahui pelaksanaan on job training di SMK Wisuda Karya Kudus, (2) untuk mengetahui pelaksanaan Basic Safety Training di SMK Wisuda Karya Kudus, (3) untuk mengetahui Kesiapan Kerja Siswa kelas XI Teknik Pelayaran SMK Wisuda Karya Kudus, (4) untuk mengetahui pengaruh on job training terhadap kesiapan kerja siswa, (5) untuk mengetahui pengaruh basic safety training terhadap kesiapan kerja siswa, (6) untuk mengetahui ada pengaruh on job training dan basic safety training terhadap kesiapan kerja siswa.
Penelitian ini termasuk dalam pelenitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan expost facto. Hasil penelian ini adalah: (1) On Job Training dari total 46 responden, menunjukan 32 responden (69.4 %) mempunyai kategori baik, (2) Basic Safety Training dari total 46 responden, 37 responden (80.4 %) mempunyai kategori baik. (3) Kesiapan Kerja Siswa kelas XI Teknik Pelayaran SMK Wisudha Karya Kudus dalam kategori baik, dari hasil data tersebut diperoleh, 37 responden (80.4 %). (4) Ada pengaruh positif antara On Job Training terhadap Kesiapan kerja siswa dari hasil Uji Hipotesis (uji t) yang menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. (5) ada pengaruh positif antara Basic Safety Training terhadap Kesiapan Kerja Siswa dari hasil Uji Hipotesis (uji t) yang menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. (6) Terdapat pengaruh antara On Job Training dan Basic Safety Training terhadap Kesiapan Kerja Siswa kelas XI Teknik Pelayaran SMK Wisudha Karya Kudus sebesar 68 % adjust R Square sebesar 0.680.
Kata Kunci :On Job Training; Basic Safety Training; Kesiapan Kerja Siswa
References
_______, 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP
MRA Wiratama. (2016), Tinjauan Pustaka Safety Training. Sumber, http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/2839/6.%2520BAB%2520II.pdf%3Fsequence%3D6%26isAllowed%3Dy&ved=2ahUKEwi0-p7xsbrgAhXJpY8KHd66BNcQFjABegQIDBAE&usg=AOvVaw0jRGPGEMHHwyzbETOvq--W (diakses 4 februari 2019)
Sugiyono 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta