PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI DASAR-DASAR SISTEM HIDROLIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, keaktifan siswa, dan kinerja guru dalam memahami dasar-dasar sistem hidrolik melalui model pembelajaraninquiry dengan alat peraga sistem hidrolik pada kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang.Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas tentang peningkatan hasil belajar memahami dasar-dasar sistem hidrolik melalui model pembelajaraninquiry dengan alat peraga sistem hidrolik. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR di SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Metode observasi digunakan untuk data observasi terhadap keaktifan siswa dan kinerja guru, dan metode tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar pengetahuan dan keterampilan. Dari hasil penelitian didapatkan (1) penggunaan model pembelajaraninquiry dengan alat peraga sistem hidrolikdapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang memahami dasar-dasar sistem hidrolik, pada nilai pengetahuan siswa siklus I dengan presentase 55,56% meningkat menjadi 94,44% pada siklus II. Untuk persentase nilai keterampilan pada siklus I sebesar 63,89% meningkat menjadi 97,22% pada siklus II. (2) penggunaan model pembelajaraninquiry dengan alat peraga sistem hidrolikdapat meningkatkan keaktifan siswa pada siklus I persentase keaktifan siswa sebesar 33,33% meningkat menjadi 78,13% pada siklus II. (3) pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaraninquiry dengan alat peraga sistem hidrolikdapat secara efektif meningkatkan kinerja guru, pada siklus I persentase peningkatan aktifitas guru sebesar 71,67% meningkat menjadi 93,33% pada siklus II.
Kata kunci : hasil belajar siswa, model pembelajaraninquiry, alat peraga sistem hidrolik
References
Arikunto, Suharsimi & Suharjono. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimiyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media Group.
Sujana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar baru.
Sumiati & Asra. 2011. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Sunandar, Shodik. 2012. Kelebihan dan Kekurangan Model Kuantum Taching. (http://may-asa.blogspot. com/2015/05/hakikat- quantum- teaching.html)
Suparno. 2007. Metodelogi Pembelajaran Fisika: Konstruktivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Penerbit Univrsitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Trianto. 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Jakarta: Kencana.
Wahidmuri, Sudjana, dkk. 2010. evaluasi pembelajaran. Yogyakarta:Nuha litera.
Wirawan, Pramono. 2009. Pneumatik-Hidrolik. Semarang: Univeritas Negeri Semarang.