PENINGKATAN KOMPETENSI MEMAHAMI RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEMBUAT MEDIA SERI PARALEL
Abstract
Peningkatan Kompetensi Memahami Rangkaian Listrik Sederhana Melalui Model Project Based Learning dengan Membuat Media Seri Paralel. Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengkaji Peningkatan Kompetensi Memahami Rangkaian Listrik Sederhan melalui model Project Based Learning dengan membuat media seri paralel. 2) Untuk mengkaji peningkatan keaktifan siswa dalam Kompetensi Memahami Rangkaian Listrik Sederhana melalui Model Project Based Learning dengan Membuat Media Seri Paralel . 3) Untuk mengkaji kinerja guru dalam penerapan model Project Based Learning dengan membuat media seri paralel. Kesimpulan: 1) Penggunaan model project based learning dengan membuat rangkaian listrik sederhana dapat meningkatkan kompetensi memahami rangkaian listrik sederhana, pada nilai pengetahuan siklus 1 dengan presentase 18% dengan rata-rata 69,72 meningkat menjadi 100% dengan rata-rata 80,15 pada siklus II. Untuk nilai praktek pada siklus I nilai rata-rata 68,41 dengan presentase 45,45% meningkat menjadi 78,98 untuk rata-ratanya dengan presentase 96,96% di suklus II. 2) Melalui Model Project Based Learning dengan membuat media seri parallel dapat meningkatkan keaktifan siswa sebesar 69,08% meningkat menjadi 90,9% pada siklus II. 3) Pelaksanaan proses pembelajaran dengan model project based learning dengan membuat media seri parallel dan dapat secara efektif meningkatkan kinerja guru, pada siklus I presentase peningkatan aktifitas guru sebesar 73,33% meningkat menjadi 95% pada siklus II.
Kata kunci: peningkatan kompetensi, metode project based learning, media seri parallel dan jobsheet.
References
Ariwibowo, B., Slamet, A. and Syamwil, R., 2018. Development of Learning Model of Project-Based Learning Integrated with Entrepreneurship in The Productive Learning of Motorcycle Tune-Up Competence. Journal of Vocational and Career Education, 3(1).
Aqib, Zaenal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pratama Widya
Darmadi. 2017 Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish
Dimiyati & Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta
Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Membimbing Guru Dalam Penelitian Tindakan Kelas
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Paduan Penilaian Hasil Belajar dan Pengembangan Karakter pada Sekolah Menengah Kejuruan
Eko, Wahyu & Ranto. 2015. Teknik Listrik Dasar Otomotif. Surakarta: Mediatama
Hamalik.2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
NEW STEP 1. Buku Training Manual. PT. Toyota-Astra Motor
Rahmawati, Tatik & Daryono. 2013. Penilaian Kinerja Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media
Sudjana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar baru
Tim Redaksi Akademik Institut IKIP Veteran Semarang. 2017. Buku Pedoman Skripsi. Semarang: Institut Keguruan dan Ilmu Pedidikan Veteran Semarang