PENINGKATAN PRAKTIKUM PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMK YASIHA GUBUG
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningktkan praktikum dan hasil belajarpemeliharaan mesin kendaraan ringan, siswa kelas XI TKR 2 SMK Yasiha Gubug tahun pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan modelProblem Based Learning.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktifitas siswa dan lembar soal tes. Lembar observasi digunakan untuk mengukur seberapa aktif siswa dalam mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan dan lembar tes untuk mengukur kemampuan pengetahuan dan praktikum siswa
Hasil penelitian dari prasiklus ke siklus I sebesar 25%, dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 13,89%. Berdasarkan persentase nilai rata-rata kelas pada prasiklus sebesar 55,55%, pada siklus I sebesar 80,55% dan pada siklus 2 sebesar 94,44%. Berdasarkan KKM siswa yang tuntas pada prasiklus sebanyak 20 siswa, siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 29 siswa, dan siswa yang tuntas pada siklus II sebanyak 34 siswa. Penerapan modelProblem Based Learning sangat berpengaruh dalam peningkatan keaktifan dan hasil belajar praktikum siswa dalam proses pembelajaran Pemeliharaanmesin kendaraan ringan.
Kata kunci: Peningkatan Praktikum, Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan, ModelProblem based learning
References
Arends, Richard. (2008). Learning to Teach.Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Kartika. 2016. “Pengertian Model Pembelajaran Problem Based Learning, Diunduh1 April 2016 dari https://gayahidupalami.wordpress.com/pendidikan/problem-based-learning.
Muhammad Nurtanto & Herminanto Sofyan. (2015). Implementasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, dan Afektif Peserta didik di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi (Vol. 5, Nomor 3, November 2015).
Sanjaya, Hadi (2017) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan aktifitas dan Hasil Belajar Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan KELAS XI TKR SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN Tahun Ajaran 2017/2018
Sarwiji, Suwandi.2008. Penelitian Tindakan Kelas Dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: panitia sertifikasi guru.
Setiawan, (2015). Pembelajaran pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. (2002). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Triyadi, (2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kompetensi Sistem Bahan Bakar Kelas XI TKR SMK MUHAMADIYAH PRAMBANAN
Wahyu Eko Widiyatmoko, kurikulum 2013 edisi revisi tentang Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan