PENGARUH SARANA PEMBELAJARAN PRAKTIK DAN HASIL PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengkaji sarana pembelajaran praktik siswa kelas XII TBSM SMK N 1 Purwojati, 2) Untuk mengkaji hasil praktik kerja industri siswa kelas XII TBSM SMK N 1 Purwojati, 3) Untuk mengkaji kesiapan kerja siswa kelas XII TBSM SMK N 1 Purwojati, 4) Untuk mengkaji pengaruh sarana pembelajaran praktik terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII TBSM SMK N 1 Purwojati, 5) Untuk mengkaji pengaruh hasil praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII TBSM SMK N 1 Purwojati, 6) Untuk mengkaji pengaruh sarana pembelajaran praktik dan hasil praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII TBSM SMK N 1 Purwojati.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan ex post facto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode angket. Populasi penelitian sebanyak 106, berdasarkan diagram rumus slovin didapat jumlah sampel 85.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan 1) nilai hasil uji hipotesis variabel sarana pembelajaran praktik terhadap kesiapan kerja dengan nilai t 3,145. lebih besar 1,663 sehingga Ha diterima, 2) variabel hasil praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja dengan nilai t sebesar 3,810 lebih besar dari 1,663 sehingga Ha diterima. 3) Ada pengaruh positif antara sarana pembelajaran praktik dan hasil praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII TBSM SMK N 1 Purwojati dengan hasil sebesar 20% ditunjukkan dari nilai uji koefisien determinasi pada ajusted R2 sebesar 0,200.
Kata Kunci : Sarana Pembelajaran Praktik, Praktik Kerja Industri, Kesiapan Kerja.
References
Mangkunegara, Anwar P. (2005). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Aziz, Abdul. 2015. Pengaruh Prakerin dan Sarana Pembelajaran Praktik Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI SMK PGRI Kuwu. Semarang: Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan IKIP Veteran Semarang.
Daryanto. 2013. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovasi Teori dan Praktik Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru. Jakarta: c.AV. Publisher.
Firdaus, Zamzam Z. 2012. Pengaruh Kegiatan Praktik Unit Produksi Sekolah, Pengalaman Prakerin dan Dkungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Gunawan, Adi W. 1993. Genius Learning Strategi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hamalik, O. (2005). Menejemen Kepelatihan Ketenagakerjaan. Bandung Citra Aditya Bakti. Hal: 76
Kristanto, Ardi. 2015. Pengaruh Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi. Semarang: Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan IKIP Veteran Semarang.
Pemerintah Indonesia. 1990. Undang – Undang No 29 Tahun 1990 mengenai Pendidikan Menengah. Lembaran RI Tahun 1990. Jakarta : Sekretariat Negara.
Suharno. (2008). Manajemen Pendidikan (Sebuah Pengantar Bagi Calon Guru). Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.