PENINGKATAN KOMPETENSI PENGGUNAAN ALAT UKUR MENGGUNAKAN ANIMASI FLASH

  • Didik Rohmad Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Fuad Abdillah Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Sena Mahendra Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi siswa pada materi pemeliharaan alat ukur menggunakan media Animasi Flash pada mata pelajaran PDTO siswa kelas X TBSM B SMK Muhammadiyah Rembang .


Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. didasarkan atas dasar masalah dan tujuan penelitian yang menuntut adanya perbaikan atau peningkatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non random sampling. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah model Keis & Mc.Taggert yang terdiri dari Plan,Acting & Observation dan Reflective. Penelitian dilakukan untuk melihat peningkatan kompetensi siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment.


Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa (1) hasil nilai pengetahuan melalui metode Media Animasi Flash dengan menggunakan Software Macromedia untuk kompetensi alat ukur mengalami peningkatan ketuntasan klasikal dari 44,44% pada pra siklus meningkatkan menjadi 61,11%  pada siklus I dan meningkat lagi sebesar 83,33% melebihi indikator yang ditetapkan sebesar 80 pada siklus II. (2) Metode Media Animasi Flash dengan menggunakan Software Macromedia dapat meningkatkan aktifitas siswa dengan adanya peningktan nilai persentase aktifitas siswa, dari 52,78%  menjadi 86,11% dari 10 kategori yang dinilai.dapat dilihat dari perubahan semakin baik pada keaktifan siswa dalam berdiskusi, siswa menjadi lebih percaya diri dalam mengemukakan pendapat dan dalam mencoba ( praktik), ketertiban dalam mengikuti pelajaran, keaktifan dalam menarik kesimpulan (temuan). (3) Media Animasi Flash dengan menggunakan Software Macromedia dapat  meningkatkan keberhasilan guru dengan adanya peningkatan nilai persentase keberhasilan guru dari 70% menjadi 80% dari 10 kategori yang dinilai. (4) penerapan Media Animasi Flash dengan menggunakan  Software Macromedia  mampu meningkatkan hasil belajar kompetensi dasar alat ukur pada kelas X TBSM B SMK Muhammadiyah Rembang tahun pelajaran 2018-2019.


 


Kata Kunci : kompetensi Pemeliharaan Alat Ukur, Macromedia Flash.

References

Azhar Arsyad. (2010).Media Pembelajaran.

Arif, Sadiman,. Dkk. (1996). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya.

Andi Sunyoto. (2010). Adobe Flash + XML=Rich Multimedia Application. Yogya-karta: CV. Andi Offset

Bruner : guru memberi kesempatan muridnya menjadi Problem solver

Chusnul Chotimah. (2008). Macromedia Flash sebagai Media Pembelajaran. Jawa Pos Edisi 21 Januari 2008

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan

Hamzah B. Uno. (2006). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Buki Aksara

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik & Tenaga Kependidikan.

Kusumah W. dan Dwitagama. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Indeks

M. Suyanto. (2003). Multimedia Alat Untuk Meningkatakan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta:

Andi Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nana Sudjana. (2005). Dasar-dasar Proses Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Nana Sudjana. (2004). Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung

Oemar Hamalik. (1989). Metologi Pengajaran Ilmu Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bandung : CV. Mandar Maju

Oemar Hamalik. (2006). Proses Pembelajaran. Bandung : Bumi Aksara

Suhaenah Suparno. (2001). Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Sumadi Suryabrata. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sardiman. (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: CV Rajawali

Suharsimi Arikunto. (2010 0. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Yusufhadi Miarso. (2004). Menyermati Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Pre-nada Media

Winkel WS. (2005). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Published
2020-01-04
How to Cite
ROHMAD, Didik; ABDILLAH, Fuad; MAHENDRA, Sena. PENINGKATAN KOMPETENSI PENGGUNAAN ALAT UKUR MENGGUNAKAN ANIMASI FLASH. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 8-15, jan. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1043>. Date accessed: 05 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.