PENINGKATAN KOMPETENSI PENGGUNAAN ALAT UKUR MENGGUNAKAN ANIMASI FLASH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi siswa pada materi pemeliharaan alat ukur menggunakan media Animasi Flash pada mata pelajaran PDTO siswa kelas X TBSM B SMK Muhammadiyah Rembang .
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. didasarkan atas dasar masalah dan tujuan penelitian yang menuntut adanya perbaikan atau peningkatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non random sampling. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah model Keis & Mc.Taggert yang terdiri dari Plan,Acting & Observation dan Reflective. Penelitian dilakukan untuk melihat peningkatan kompetensi siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa (1) hasil nilai pengetahuan melalui metode Media Animasi Flash dengan menggunakan Software Macromedia untuk kompetensi alat ukur mengalami peningkatan ketuntasan klasikal dari 44,44% pada pra siklus meningkatkan menjadi 61,11% pada siklus I dan meningkat lagi sebesar 83,33% melebihi indikator yang ditetapkan sebesar 80 pada siklus II. (2) Metode Media Animasi Flash dengan menggunakan Software Macromedia dapat meningkatkan aktifitas siswa dengan adanya peningktan nilai persentase aktifitas siswa, dari 52,78% menjadi 86,11% dari 10 kategori yang dinilai.dapat dilihat dari perubahan semakin baik pada keaktifan siswa dalam berdiskusi, siswa menjadi lebih percaya diri dalam mengemukakan pendapat dan dalam mencoba ( praktik), ketertiban dalam mengikuti pelajaran, keaktifan dalam menarik kesimpulan (temuan). (3) Media Animasi Flash dengan menggunakan Software Macromedia dapat meningkatkan keberhasilan guru dengan adanya peningkatan nilai persentase keberhasilan guru dari 70% menjadi 80% dari 10 kategori yang dinilai. (4) penerapan Media Animasi Flash dengan menggunakan Software Macromedia mampu meningkatkan hasil belajar kompetensi dasar alat ukur pada kelas X TBSM B SMK Muhammadiyah Rembang tahun pelajaran 2018-2019.
Kata Kunci : kompetensi Pemeliharaan Alat Ukur, Macromedia Flash.
References
Arif, Sadiman,. Dkk. (1996). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya.
Andi Sunyoto. (2010). Adobe Flash + XML=Rich Multimedia Application. Yogya-karta: CV. Andi Offset
Bruner : guru memberi kesempatan muridnya menjadi Problem solver
Chusnul Chotimah. (2008). Macromedia Flash sebagai Media Pembelajaran. Jawa Pos Edisi 21 Januari 2008
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan
Hamzah B. Uno. (2006). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Buki Aksara
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik & Tenaga Kependidikan.
Kusumah W. dan Dwitagama. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Indeks
M. Suyanto. (2003). Multimedia Alat Untuk Meningkatakan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta:
Andi Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nana Sudjana. (2005). Dasar-dasar Proses Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Nana Sudjana. (2004). Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung
Oemar Hamalik. (1989). Metologi Pengajaran Ilmu Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bandung : CV. Mandar Maju
Oemar Hamalik. (2006). Proses Pembelajaran. Bandung : Bumi Aksara
Suhaenah Suparno. (2001). Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Sumadi Suryabrata. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sardiman. (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: CV Rajawali
Suharsimi Arikunto. (2010 0. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Yusufhadi Miarso. (2004). Menyermati Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Pre-nada Media
Winkel WS. (2005). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.