PENINGKATAN KOMPETENSI PEMELIHARAAN SERVICE ENGINE DAN KOMPONENNYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY MENGGUNAKAN ENGINE STAND

  • Saiful Bahri Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Fuad Abdillah Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Sena Mahendra Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi praktik service engine sepeda motor pada siswa kelas XI TSM SMK Yasiha Gubug Grobogan tahun pelajaran 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model pembelajaran inquiry menggunakan engine stand sepeda motor, dilakukan secara kolaborasi dengan teman sejawat selama dua siklus penelitian yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) hasil observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TSM I SMK Yasiha Gubug Jurusan Teknik Sepeda Motor sebanyak 28 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, metode tes dan metode penilaian praktik. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan non tes. Instrumen tes berupa tes pengetahuan dan ketrampilan , sedangkan instrumen  nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif.


Hasil analisis data penelitian menunjukan tingkat ketuntasan terus meningkat dari pra siklus (32.1%,) siklus I (64.2%) dan siklus II (89.2%) dan pada penilaian afektif dan psikomtorik juga terus meningkat dari pra siklus (46.4% dan 53.5%) siklus I (71.4% dan 78.5%) dan siklus II (89.2% dan 92.8). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran kompetensi pemeliharaan/service engine sepeda motor dengan metode inquiry menggunakan engine stand dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran pada saat mata pelajaran produktif kompetensi service engine sepeda motor. Pendekatan inquiry diharapkan dapat diterapkan pada materi yang lain dengan tujuan meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa.


 


Kata Kunci : Service Engine dan komponen-komponennya, Model Pembelajaran Inquiry, Engine Stand.

References

Anam, Khoirul. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Endarti, Arif. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Sikap Siswa Pada Mata Pelajaran Boga Dasar Kelas X-JBG-3 SMK N Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

Maulana Nasrullah, Akmal, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran IPS Sosiologi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas XI MA An Najah Petukangan Jakarta Selatan).Skripsi. Jakarta Selatan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta.

Mulyatiningsih, Endang. (2011). Riset Terapan. Yogyakarta: UNY Press.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rinjani, Riza. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Prestasi Belajar Praktek Las Busur Listrik Di SMK N 1 Seyegen. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.

Roestiyah N.K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Yusman, Ade. (2010). Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Pokok Bahasan Gerak. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Zaenudin, 2009 . Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kelas X SMA Negeri 1 Sulang Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang Tahun 2008/2009. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semaran
Published
2020-01-04
How to Cite
BAHRI, Saiful; ABDILLAH, Fuad; MAHENDRA, Sena. PENINGKATAN KOMPETENSI PEMELIHARAAN SERVICE ENGINE DAN KOMPONENNYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY MENGGUNAKAN ENGINE STAND. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 36-45, jan. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1037>. Date accessed: 05 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.