PENGARUH SARANA PRASARANA BENGKEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana bengkel terhadap hasil belajar siswa TKR SMK Tunas Bangsa Mijen,
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan expost facto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode dokumentasi dan metode angket. Populasi penelitian sebanyak 49 Adapun pengujian instrumen data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan teknik analisis data yaitu uji prasyarat analisis dengan menggunakan, uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji T, uji F, uji regresi sederhana, dan koefisien determinasi dengan menggunakan bantuan program spss versi 25.0.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan nilai hasil uji hipotesis regresi sederhana variabel sarana prasarana bengkel terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 sama dengan 0,05 sehingga Ha diterima (?=5%) Ada pengaruh positif sarana prasarana bengkel terhadap hasil belajar siswa siswa TKR SMK Tunas Bangsa Mijen dengan hasil TUNTAS sebesar 92% ditunjukkan dari nilai uji koefisien determinasi pada ajusted R sebesar 0,184.
Kata Kunci : Sarana prasarana bengkel, hasil belajar siswa.
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E. 2004. Managemen Berbasis Sekolah. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional. 2005.
http://telekomuniversity.ac.id/images/uploads/PP No. 19 Tahun 2005.pdf. (diunduh 1 April 2019).
Sardiman, A.,dkk. 2006. Media Pendidikan ( Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: kencana Prenada Media Grup.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Pers.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Jakarta.