PENGARUH SARANA PRASARANA BENGKEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN

  • Syaiful Mukmin Alfaruq Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Ngubaidi Achmad Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Sena Mahendra Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana bengkel terhadap hasil belajar siswa TKR SMK Tunas Bangsa Mijen,


Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan expost facto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode dokumentasi dan metode angket. Populasi penelitian sebanyak 49 Adapun pengujian instrumen data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan teknik analisis data yaitu uji prasyarat analisis dengan menggunakan, uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji T, uji F, uji regresi sederhana, dan koefisien determinasi dengan menggunakan bantuan program spss versi 25.0.


Hasil analisis penelitian ini menunjukkan nilai hasil uji hipotesis regresi sederhana variabel sarana prasarana bengkel terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 sama dengan 0,05 sehingga Ha diterima (?=5%) Ada pengaruh positif sarana prasarana bengkel terhadap hasil belajar siswa siswa TKR SMK Tunas Bangsa Mijen dengan hasil TUNTAS sebesar 92% ditunjukkan dari nilai uji koefisien determinasi pada ajusted R sebesar 0,184.


Kata Kunci : Sarana prasarana bengkel, hasil belajar siswa.

References

Abdullah, Ma'ruf. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2004. Managemen Berbasis Sekolah. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional. 2005.
http://telekomuniversity.ac.id/images/uploads/PP No. 19 Tahun 2005.pdf. (diunduh 1 April 2019).

Sardiman, A.,dkk. 2006. Media Pendidikan ( Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: kencana Prenada Media Grup.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Pers.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Jakarta.
Published
2020-01-04
How to Cite
ALFARUQ, Syaiful Mukmin; ACHMAD, Ngubaidi; MAHENDRA, Sena. PENGARUH SARANA PRASARANA BENGKEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 30-35, jan. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1036>. Date accessed: 05 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.