PENGARUH HYDROCARBON CRACK SYSTEM (HCS) SISTEM GANDA TERHADAP PEFORMA MESIN HONDA VARIO 125cc
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Menguji pengaruh sepeda motor Honda Vario 125cc Tahun 2013 tanpa menggunakan Hydrocarbon Crack System (HCS) dan menggunakan Hydrocarbon Crack System (HCS) dengan 1 katalisator maupun 2 katalisator terhadap peforma mesin meliputi : 1). Torsi Mesin; 2). Daya mesin; 3). Konsumsi Bahan Bakar; 4). Suhu Mesin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan jenis Deskriptif untuk mengungkapkan informasi tentang efektivitas penggunaan Hydrocarbon Crack System (HCS) terhadap peforma mesin sepeda motor. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebuah sepeda motor Honda Vario 125cc Tahun 2013 dengan variasi penggunaan Hydrocarbon Crack System (HCS).
Hasil penelitian ini adalah : 1). Terdapat pengaruh tertinggi pada torsi mesin saat menggunakan Hydrocarbon Crack System (HCS) 1 katalisator adalah 7.35 Nm; 2). Terdapat pengaruh tertinggi pada daya mesin saat menggunakan Hydrocarbon Crack System (HCS) 1 katalisator adalah 3.50 Hp;3). Terdapat pengaruh tertinggi pada suhu mesin sebelum menggunakan Hydrocarbon Crack System (HCS)adalah 128.2°C;4). Penurunan konsumsi bahan bakar menggunakan Hydrocarbon Crack System (HCS) 2 katalisator adalah 09:15 menit.
Kata Kunci : Hydrocarbon Crack System (HCS), Katalisator, Peforma
References
Arends, BPM dan H.Berenschot. 1980.Motor Bensin. Jakarta :Erlangga.
Arismunandar, Wiranto. 2002. Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Penerbit ITB : Bandung
Hidayatullah, Arif dan Alaika Salamulloh. 2012. Servis Sistem Bahan Bakar
Sepeda Motor. Yogyakarta: Insania
Ikhsan, Muadi. 2012. Pengaruh Jumlah Katalisator Pada Hydrocarbon CrackSystem (Hcs) dan Jenis Busi Terhadap Daya Mesin Sepeda Motor YamahaJupiter Z Tahun 2008. Jurusan Pendidikan Teknik Kejuruan. Skripsi. FKIP-UNS.
PT. Toyota – Astra Motor. 1995. New Step 1 Training Manual. PT. Toyota – Astra Motor Technical Servis Division.
Raharjo, Winarno Dwi dan Karnowo. 2008. Mesin Konversi Energi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Rizal Hakim Khaufanulloh, Kosjoko, ST., M.T., Andik Irawan, ST., M.Eng. 2015. Karakter Peforma Motor Bensin PGMFI (Programed Fuel Injection) Silinder Tunggal 110cc Dengan Variasi Mapping Pengapian Terhadap Emisi Gas buang. Jember : Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah
Roestiyah. 2001. Metode eksperimen adalah suatu cara mengajar, dimana siswa melakukan suatu percobaan tentang sesuatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasil pengamatan itu disampaikan di kelas dan di evaluasi oleh guru. (Hal.80).
Seleznev, A.S., Petrov, L.A., Chupakhin, V.I., Chupova, I.A and Ryabina, A.V., (2009). Physicochemical Studies of System and Procceses Cobaltcontaining Catalyc System Alloyed with rare and rare-earth materials as catalysts for synthesis of hydrocarbon from CO and H2. Russian Journal of Applied Chemystri. 82(5). 820-825.
Wang, Y., Naresh S., dan Gerald P. H. 2003. Production of Pure Hydrogen andNovel Carbon Nanotube Structures by Catalytic Decomposition of Propaneand Cyclohexane. Prepr. Pap.-Am. Chem. Soc., Div. Fuel Chem, 48/2: 900- 901. Lexington : University of Kentucky.