PENINGKATAN KOMPETENSI PERBAIKAN SISTEM PENERANGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMK BHAKTI PRAJA BATANG
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan praktikum siswa pada pelajaran sistem penerangan. Rendahnya kemampuan disebabkan beberapa faktor, diantaranya guru masih menggunakan metode konvensional serta dominasi guru dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi pasif dan menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan praktikum dan hasil belajar kompetensi dasar memelihara system penerangan, siswa kelas XI TSM2 SMK Bhakti Praja Batang tahun ajaran 2018/2019 dengan menggunakan model Problem Based Learning.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode observasi aktifitas siswa dan lembar soal tes. Lembar observasi digunakan untuk mengukur seberapa aktif siswa dalam mata pelajaran sistem penerangan dan lembar tes untuk mengukur kemampuan pengetahuan dan praktikum siswa.
Hasil penelitian dari prasiklus ke siklus I meningkat sebesar 37.04%, dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar18.51%. Berdasarkan persentase nilai rata-rata kelas pada prasiklus sebesar 40,74 %, pada siklus I sebesar 77,78% dan pada siklus 2 sebesar 96,29 %. Berdasarkan KKM siswa yang tuntas pada prasiklus sebanyak 11siswa, siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 21siswa, dan siswa yang tuntas pada siklus II sebanyak 26 siswa. Penerapan model problem based learning sangat berpengaruh dalam peningkatan keaktifan dan hasil belajar praktikum siswa dalam proses pembelajaran system penerangan dan komponen-komponennya.
Kata kunci: Peningkatan Kompetensi, Sistem Penerangan, Model Problem based learning.
References
Arends, Richard. (2008). Learning to Teach.Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Arikunto, Suharsini. 1993. Belajar dan Pembelajaran . PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Havidan Irza Saputra (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Teknik Listrik Dasar Otomotif Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Di SMK MUHAMMADIYAH I MOYUDAN SLEMAN Tahun Ajaran 2015/2016.
Hary Hardiyan (2014). Penerapan Model Pembelajaran Gabungan Antara Problem Based Learning (PBL) dan Think-Pair-Share (TPS) Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kelistikan Otomotif Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Di SMK N 2 YOGYAKARTA
Isriani Hardini dan Dewi Puspitasari.2012.Strategi Pembelajaran Tepadu.Yogyakarta: FAMILIA.
Sanjaya, Hadi (2017) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan aktifitas dan Hasil Belajar Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan KELAS XI TKR SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN Tahun Ajaran 2017/2018
Setyo Hadinata, M. Burhan Rubai Wijaya. 2011. Peningkatan Kompetensi Mendiagnosis Sistem Kelistrikan Bodi Sepeda Motor Menggunakan Media Peraga
Sarwiji Suwandi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon13.
JATMIKO, CATUR (2014) Pemanfaatan Media Trainer Sistem Kelistrikan Otomotif Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Teknik Listrik Dasar Otomotif Siswa Kelas X TEKNIK OTOMOTIP A SMK NEGERI 5 SURAKARTA Tahun 2O13/2014.