PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI SISTEM INJEKSI SEPEDA MOTOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi praktik menganalisis gangguan sistem injeksi bahan bakar sepeda motor pada siswa kelas XI TBSM I SMK Miftahul Huda Ngroto Gubug Grobogan tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model pembelajaran inkuiri, dilakukan secara kolaborasi dengan teman sejawat selama dua siklus penelitian yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) hasil observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TBSM I SMK Miftahul Huda Ngroto Gubug Jurusan Teknik Sepeda Motor sebanyak 24 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, metode tes dan metode penilaian praktik, instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan non tes. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil analisis data penilaian hasil test praktik siswa menunjukan tingkat ketuntasan terus meningkat dari pra siklus (33%) siklus I (62%) dan siklus II (83%). Pada penilaian hasil test tertulis siswa juga terus meningkat dari pra siklus (50%) siklus I (66%) dan siklus II (83%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran kompetensi menganalisis gangguan sistem injeksi bahan bakar sepeda motor dengan model inkuiri dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran pada saat mata pelajaran produktif kompetensi menganalisis gangguan sistem injeksi bahan bakar sepeda motor, sebab model pembelajaran inkuiri dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar.
Kata kunci: Hasil Belajar, Sistem Injeksi, Model Pembelajaran Inkuiri.
References
Anam, Khoirul. M.A 2015, Pembelajaran Berbasis Inkuiri Model dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta : Rineka Cipta.
Ariska, Mona. 2017. Penerapan Model pembelajaran Inkuiri Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak pada Peserta Didik Kelas V di MIS Masyariqul Anwar (MMA) IV Sukabumi Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruaninstitutagama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
Baehaki, Imam. 2017. Peningkatan Kompetensi Memperbaiki Sistem Pengisisn Baterai Pada Mobil Melalui Model Inkuiri dengan Media Animasi Pada Siswa Kelas XI TKR 3 di SMKN 1 SRAGI Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Semarang: Fakultas Pendidikan Teknik dan Komunikasi IKIP Veteran Semarang.
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarja : Rineka Cipta.
Mahmud. 2011. Model Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Mulyatiningsih, Endang. (2011). Riset Terapan . Yogyakarta: UNY Press.
Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka.
Wicaksana E.J. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Tentang Mikroorganisme Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup (Life Skill) Pada Siswa SMK. Jurnal Seminar Nasional 2014 ISBN:978-602-7561-89-2. http://www.neliti.com/id/search?q=Model+pembelajaran+inkuiri (diunduh 30 juli 2019)