Penerapan Aktivitas Aesop's Berbantuan Guidance Worksheet untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah

  • R. M. Alfathy Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • H. Susanto Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • P. Marwoto Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

Abstract

Abstrak


Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen, menggunakan rancangan pretest dan postest group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X, MAN X Banyumas yang meliputi tiga kelas. Sampel sebanyak dua kelas, masing-masing terdiri atas 39 siswa kelas X-4 sebagai kelompok eksperimen dan 41 siswa kelas X2 sebagai kelompok kontrol, yang dipilih secara cluster sampling. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep, lembar observasi sikap ilmiah dan angket respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan Aktivitas Aesop’s berbantuan Guidance Worksheet. Analisis data dilakukan secara deskriptif berdasarkan hasil uji N-gain dan uji komparatif dua sampel menggunakan uji sampel t-test independent. Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) perbedaan peningkatan pemahaman konsep dan sikap ilmiah antara pembelajaran dengan pendekatan Aktifitas Aesop’s dengan pendekatan konvensional, 2) aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada perbedaan peningkatan pemahaman konsep dan sikap ilmiah antara pembelajaran dengan pendekatan Aesop’s dan konvensional dengan N-gain masing-masing 0,73 dan 0,60 untuk pemahaman konsep dan 0,45 dan 0,31 untuk sikap ilmiah; 2) aktivitas siswa dalam pembelajaran sangat baik.


Kata kunci: aktivitas Aesop’s, guidance worksheet, pemahaman konsep fisika, sikap ilmiah.


IMPLEMENTATION OF AESOP’S ACTIVITY ASSISTED BY GUIDANCE-WORKSHEET TO INCREASE THE COMPREHENSION OF CONCEPTUAL PHYSICS AND SCIENTIFIC ATTITUDE OF STUDENTS


 Abstract


This research is quantitative research method with quasi experiment approach, which used pretest and postest group design. The population of this research are  students from class 10th of MAN X Banyumas. The samples were two classes, each consisting of  39 students from X- 4 class as eksperiment group and 41 students from X-2 class as control group. This group was selected by cluster sampling method. The research instruments are the conceptual comprehension test, observation sheet of scientific attitude and questionnaire of students response in Aesop’s Activity assisted by Guidance Worksheet Learning. Data analysis was done descriptively based on N-gain test result and two sample comparative test using independent t-test sample test. The aim of this research are to shown: 1) the difference of improvement of comprehension of physics concept and students scientific attitude between Aesop’s activity approach and convensional aproach; 2) the student respone in each learning. The result of research shown: 1) there are the difference improvement in comprehension of physics and students scientific attitude between Aesop’s Activity approach and conventional approach, each of N-gain are 0,73 and 0,60 for comprehension of physics and 0,45 and 0,31 for students scientific attitude; 2) the student acivity shown positive respone.


Keywords: Aesop’s activity, guidance worksheet, scientific attitude, comprehension of physics concept



References

Anderson, L.W., D.R. Krathwohl, & P.W. Airasian. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing, A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Budiningsih, C. A. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Harso. A., I. W. Suastra, & A.A.I.A R. Sudiatmika. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Heuristik Vee Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Langke Rembong Tahun Pelajaran 2013/2014. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4 (1).

Hunaepi. 2016. Kajian Literatur Tentang Pentingnya Sikap Ilmiah: Assesment of Higer Order Thingking Skills. Prosiding Seminar Nasional Pusat Kajin Pendidikan sains dan Matematika. Mataram, 12 maret 2016.

Laksita, P.R., E.R. Dewi & A. Nurwahyunani. 2017. Pengaruh Outdoor Learning pada Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 1(1): 32-38.

Lee, Jing Jin & Fen Ming Lee. 2004. Scientific Attitudes And Science Achievement. Journal of Chung-Hwa College of Technology Medis, 20(3): 483-490.

Rusbult C. 2000. Learning from Experience: Aesop,s Activities and Thinking Skills in the General Chemistry Laboratory. [Online]:http://designprocessineducation.com/methods/lab-99cl.htm.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses Pendidikan. Jakarta: Kencana prenada media.

Sudarmin, A.T., Prasetya & M. Pahlevi. 2012. Penerapan Pendekatan Aesop’s Berbantuan Guidance Worksheet Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2): 123-130.

Suparno, P. 2005. Miskonsepsi & Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Published
2018-04-30
How to Cite
ALFATHY, R. M.; SUSANTO, H.; MARWOTO, P.. Penerapan Aktivitas Aesop's Berbantuan Guidance Worksheet untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 48-57, apr. 2018. ISSN 2598-0904. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/574>. Date accessed: 07 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v2i1.574.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.