Pengembangan instrumen penilaian literasi sains berbasis PISA pada materi IPA kelas VII dan VIII
Abstract
Berdasarkan data PISA, Indonesia berada pada kelompok negara dengan kemampuan literasi sains di bawah level 2. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Indonesia berada di level yang rendah yang menunjukkan kurangnya kemampuan literasi sains Indonesia. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan produk berbentuk instrumen penilaian literasi sains untuk materi IPA kelas VII dan VIII yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Instrumen penilaian literasi sains divalidasi oleh validator ahli untuk menilai kepantasan produk yang telah dikembangkan. Nilai validasi yang didapatkan adalah sebesar 98,8% yang termasuk ke dalam kategori sangat pantas. Sebanyak 12 soal dinyatakan valid, dengan reliabilitas tinggi dengan tiga soal terkategori mudah dan sembilan soal terkategori medium. Hasil uji daya beda menunjukkan tiga butir terkategori buruk, tujuh soal cukup, dan dua soal baik. Dengan demikian, telah dikembangkan instrumen penilaian literasi sains yang valid dan reliabel
TRANSLATE with x
English
Arabic
Hebrew
Polish
Bulgarian
Hindi
Portuguese
Catalan
Hmong Daw
Romanian
Chinese Simplified
Hungarian
Russian
Chinese Traditional
Indonesian
Slovak
Czech
Italian
Slovenian
Danish
Japanese
Spanish
Dutch
Klingon
Swedish
English
Korean
Thai
Estonian
Latvian
Turkish
Finnish
Lithuanian
Ukrainian
French
Malay
Urdu
German
Maltese
Vietnamese
Greek
Norwegian
Welsh
Haitian Creole
Persian
TRANSLATE with
COPY THE URL BELOW
Back
EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE
Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster Portal
Back
References
Alcamo, J., Fernandez, N., Leonard, S. A., Peduzzi, P., Singh, A., & Harding Rohr Reis, R. (2012). 21 issues for the 21st Century: results of the UNEP Foresight Process on Emerging Environmental issues.Alviolesa, B. (2015). Pengaruh Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Kantor Pusat Administrasi Universitas Muhammadiyah Palembang [Thesis]. Universitas Muhammadiyah Palembang.
Amri, S., & Kurniati, U. A. (2013). Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah dalam Teori, Konsep dan Analisis (1 ed.). Prestasi Pustakarya.
Anjarsari, P. (2014). Literasi Sains dalam Kurikulum dan Pembelajaran IPA SMP. UNESA, 6.
Astuti, O. W., Zulyusri, & Putri, D. H. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Semester II. Journal Biosains, 1, 227–233.
Astuti, Prasetyo, A. P. B., & Rahayu, E. S. (2012). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Berbasis Literasi Sains pada Materi Sistem Ekskresi. 41, 39–43.
Bagiyono. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Widyanuklida, 16, 1–12.
Balitbang Kemendikbud. (2019, Desember). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018 (Programme for International Student Assessment). https://repositori.kemdikbud.go.id/
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction (4 ed.). Longman. http://books.google.com/books?id=KcE0AAAAMAAJ
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Mitra Wacana Media.
Chasanah, N., Widodo, W., & Suprapto, N. (2022). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains untuk Mendeskripsikan Profil Peserta Didik. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 474–483. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.474-483
Dachliyani, L., Sos, S., & Pd, M. (2019). Instrumen yang Sahih: Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Suatu Evaluasi Program Diklat (Evaluasi Pembelajaran). 57–65, 9.
Dewi, H. R., Mayasari, T., & Handhika, J. (2019). Increasing Creative Thinking Skills and Understanding of Physics Concepts through Application of Stem-Based Inquiry. 4(1), 6.
Dr. H. Fajri Ismail, M. P. (2018). Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=D9B1DwAAQBAJ
Fazrina, & Huda, I. (2017). Taraf Kesukaran dan Diskriminasi Soal Ujian untuk Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Madrasah Aliyah Kota Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 434–438.
Inzanah, I., Ibrahim, M., & Widodo, W. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Kurikulum 2013 untuk Melatih Literasi Sains Siswa SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(1), 459. https://doi.org/10.26740/jpps.v4n1.p459-467
Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/v9j52
Komarudin, & Sarkadi. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Laboratorium Sosial Politik Press.
Magdalena, I., Anggraini, I. A., & Khoiriah, S. (2021). Analisis Daya Pembeda, dan Taraf Kesukaran pada Soal Bilangan Romawi Kelas 4 SDN Tobat 1 Balaraja. 3, 8.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’?: Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Martinah, A. A., Mubarok, V., Miarsyah, M., & Ristanto, R. H. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kontekstual pada Materi Pencemaran Lingkungan. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 192–218. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3251
Maulidia, F., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Soal Pilihan Ganda Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Jurusan OTKP SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, 136–144.
Murti, W. W., & Sunarti, T. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal di Trenggalek. 7, 11.
Novanti, S. K. E., Yulianti, E., & Mustikasari, V. R. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Siswa SMP Materi Tekanan Zat dan Penerapannnya dalam Kehidupan Sehari-hari. 2(2), 7.
Nurwahidah, I., Widiyawati, Y., & Sari, D. S. (2019). Pengembangan Integrated Science Assesment Berbasis PISA untuk Peserta Didik Kelas VII SMP. JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS), 7(2), 147. https://doi.org/10.26714/jps.7.2.2019.147-156
OECD (Ed.). (2013). What Students Know and Can Do: Student Performance in Mathematics, Reading and Science. OECD.
OECD. (2016). PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education. OECD. https://doi.org/10.1787/9789264266490-en
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Ojimba, D. P. (2013). Scientific and Technological Literacy in Africa: Issues, Problems and Prospects’ Dimensions (IPP). 2(1), 5.
Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya literasi sains pada pembelajaran IPA SMP abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24–29.
Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2012). Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. 8.
Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11370
Rahim, A., & Mudzakir, A. (2016). Pengembangan Alat Ukur Penilaian Literasi Sains pada Konten Struktur Atom dan Ikatan Kimia Menggunakan Konteks Wayang Kulit. 3, 9.
Riduwan, & Warsiman. (2008). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65
Rohmawati, E., Widodo, W., & Agustini, R. (2018). Membangun Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berkonteks Socio-Scientific Issues Berbantuan Media Weblog. 3(1), 7.
Saptono, S., Rustaman, N. Y., & Widodo, A. (2013). Model Integrasi Atribut Asesmen Formatif (IAAF) dalam Pembelajaran Biologi Sel untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Berpikir Analitik Mahasiswa Calon Guru. 10.
Syamsiah, S., Puspitawati, R. P., & Widodo, W. (2016). Kualitas Instrumen Penilaian Literasi Sains Siswa Kelas VII pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup. 01, 5.
Zainab, Z., Wati, M., & Miriam, S. (2017). Pengembangan Instrumen Kognitif Literasi Sains pada Pokok Bahasan Tekanan di Kelas VIII SMP Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 113. https://doi.org/10.20527/jipf.v1i3.1014
Zein, A., Fadillah, M., & Novianti, R. (2013). Hubungan Antara Validitas Butir, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Soal Ujian Semester Genap Bidang Studi Biologi Kelas Xi Sma/Ma Negeri Di Kota Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. 10.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.