Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis socio-scientific issue (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP

  • Anjar Putro Utomo Universitas Jember
  • Erlia Narulita Universitas Jember
  • Rizky Nur Izza Billah Universitas Jember

Abstract

Rendahnya berpikir kritis siswa salah satunya dapat disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru. TujuanĀ  penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis socio-scientific issue terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimen dengan desain pretest- posttest control group design. Populasi pada penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Puger. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis menggunakan uji independent sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,023 atau 0,023 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbasis socio-scientific issue berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP.

Published
2020-12-06
How to Cite
UTOMO, Anjar Putro; NARULITA, Erlia; BILLAH, Rizky Nur Izza. Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis socio-scientific issue (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 148-159, dec. 2020. ISSN 2598-0904. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/1259>. Date accessed: 06 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.1259.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.