Pengembangan media animasi sistem gerak berbasis model POE untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan generik sains

  • Hanna Paramiertha Hasian Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Risya Pramana Situmorang Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Marisa Christina Tapolouw Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

Abstract

Pengembangan media animasi berbasis POE pada materi sistem gerak sangat dibutuhkan agar dapat mendukung proses belajar siswa menjadi lebih mudah dan jelas. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media animasi berbasis model POE pada materi sistem gerak, 2) mengetahui kelayakan media, dan 3) mengetahui efektivitas media dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan generik sains. Model pengembangan ADDIE digunakan dalam penelitian dan pengembangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes untuk mengukur pemahaman konsep dan angket mengukur keterampilan generik sains. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI IPA sebanyak 26 siswa di SMA Kristen Satya Wacana Salatiga. Validasi produk melibatkan ahli media, ahli materi dan guru mata pelajaran Biologi. Berdasarkan validasi disimpulkan bahwa produk media layak digunakan berdasarkan aspek media = 86,38% (layak) dan aspek materi = 83,57% (layak). Data dianalisis menggunakan uji statistik inferensial berdasarkan paired sample t-test dan  menunjukkan hasil yang signifikan dengan nilai sig. 2 tailed < 0,05. Hasil menunjukan bahwa media animasi sistem gerak berbasis model POE layak dan efektif dalam meningkatkan keterampilan generik sains sebesar 0,41 dan pemahaman konsep meningkat sebesar 75,65 %. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa media animasi berbasis POE pada materi sistem gerak layak dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan generik sains.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakartta: Rineka Cipta.
Atriyanti, Y., & Hadisaputro, S. (2015). Penerapan model pembelajaran POE untuk
meningkatkan ketercapaian kompetensi dasar siswa. Chemistry in Education, 4(1), 61–67. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.1902.tb00418.x
Budiman, H. (2019). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. AlTadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Damai, Y. N. (2016). Pengaruh model pembelajaran POE (predict-observe-explain) berbasis
assessment formatif terhadap aktivitas belajar dan pencapaian konsep biologi kelas XI
SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Universitas Raden Intan Lampung.
Darmawan, J., Halim, A., & Nur, S. (2013). Metode Pembelajaran Eksperimen Berbasis
Inkuiri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Generik Sains
Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 1(1), 22–33.
Djumadi, D., & Santoso, E. B. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create,
and Share dan Predict Observe Explain terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII
SMPN 1 Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal VARIDIKA, 26(1),
11–20. https://doi.org/10.23917/varidika.v26i1.728
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar
Widyawiswara, 1(4), 104–117.
Hasruddin. (2009). Peran Multi Media Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Tabularasa PPS
Unimed, 6(2), 149–160.
Ikhsan, M., Sutarno, & Prayitno, B. A. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri
Terbimbing Pada Materi Sistem Gerak Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Kelas XI Mia SMA Negeri 1 Wera. Jurnal Inkuiri, 5(1), 133–142.
Jannah, N. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran POE ( Predict , Observe , Explain )
Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran IPA di
Sekolah Dasar. Jurnal Program Studi PGMI, 4(1), 133–150.
Kun, A. . K. (2017). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah
peserta didik pada materi sistem repdoduksi kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung
(Universitas Islam Raden Intan Lampung).
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Kurniawan, A. D., Muldayanti, N. D., & Putri, B. E. (2018). Developing Flash Media of
Quranic-Based Human Reproduction System Material. Jurnal Pendidikan Biologi
Indonesia, 4(3), 235–242. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i3.6822
Lestari, H. ., Disman, & Sojanah, J. (2018). Peningkatan pemahaman konsep melalui metode
latihan understanding concept through drill method. Jurnal Manajerial, 3(20), 104–109.
Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia
Offset.
Martiningsih, M., Situmorang, R. P., & Hastuti, S. P. (2018). Hubungan Keterampilan
Generik Sains Dan Sikap Ilmiah Melalui Model Inkuiri Ditinjau Dari Domain Kognitif.
Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 24–33.
Mukharomah, E. . (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Produk Dalam Kurikulum
2013 Pada Materi Pemanasan Global Kelas XI SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3).
Muna, I. A. (2017). Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dalam
Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses IPA. El-Wasathiya: Jurnal
Studi Agama, 5(1), 74–91.
Muthmainah, S., Masykuri, M., & Prayitno, B. A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Poe
(Predict Observe Explain) Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Terhadap Hasil
Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Keterampilan Generik Sains Siswa.
INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), 12. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v8i1.31782
Nuramelia. (2016). Pengaruh model pembelajaran POE (predict-observe-explain) terhadap
keterampilan proses sains soswa pada konsep sistem pencernaan makanan. Universitas
Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistika
Published
2020-10-18
How to Cite
HASIAN, Hanna Paramiertha; SITUMORANG, Risya Pramana; TAPOLOUW, Marisa Christina. Pengembangan media animasi sistem gerak berbasis model POE untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan generik sains. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), [S.l.], v. 4, n. 2, oct. 2020. ISSN 2598-0904. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/1148>. Date accessed: 06 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.1148.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.