Pengembangan mobile learning berbasis android untuk pembelajaran biologi
Abstract
Perangkat mobile adalah salah satu alat teknologi yang memiliki mobilitas yang tinggi dibandingkan perangkat elektronik lainnya. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa aplikasi mobile learning berbasis android. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develop dan dessiminate. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi, lembar angket (guru dan siswa) serta tes hasil belajar. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa MA Baitul Maal. Analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa mobile learning berbasis android memiliki kriteria valid (3,31), praktis (persentase tanggapan guru mencapai 60% dan tanggapan siswa mencapai 73%) dan efektif (n-gain = 0,45). Hal ini menunjukan bahwa media ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, aplikasi mobile learning berbasis android dapat digunakan sebagai media belajar alternatif dalam pembelajaran biologi.
References
Chanchary, F. H., & Islam, S. (2011). Mobile Learning in Saudi Arabia – Prospects and Challenges. International Arab Conference on Information Technology. Zarqa: Zarqa University.
Fatimah, S., & Mufti, Y. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA-Fisika Smartphone Berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa. Jurnal Kaunia, X(1), 59–64.
Fatmawati, S. (2015). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Hidayah Semarang. Universitas Negeri Semarang, Semarang.
García-Peñalvo, F. J., Fidalgo-Blanco, Á., Llorens-Largo, F., Hernández-García, Á., Sein-Echaluce, M. L., Iglesias-Pradas, S., … Alier, M. (2015). Learning services-based technological ecosystems. Proceedings of the 3rd International Conference on Technological Ecosystems for Enhancing Multiculturality, 467–472. https://doi.org/10.1145/2808580.2808650
Graham, C. R. (2015). Emerging Practice and Research in Blended Learning. In Handbook of Distance Education (pp. 333–350). https://doi.org/10.4324/9780203803738.ch21

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.